Peningkatan self acceptance melalui bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas x sma negeri 1 karanganyar demak

ROHMAN, CHOLILUR (2020) Peningkatan self acceptance melalui bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas x sma negeri 1 karanganyar demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self managementdalam meningkatkan self acceptance pada kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar Demak. (2) Mengetahui peningkatan self acceptance melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar Demak. Penerimaan diri adalah suatu sikap positif terhadap keadaan dirinya, mampu menerima dirinya baik kekurangan maupun kelebihannya. Individu yang dapat menerima dirinya adalah individu yang dapat memahami karakteristik dirinya dan mampu menerima kondisi sebagaimana adanya, serta menyadari potensi-potensi yang dimilikinya. Adapun bimbingan kelompok merupakan salah satu layanan bimbingan konseling yang dilakukan oleh konselor kepada sekelompok individu dengan memanfaatkan dinamika kelompok dan membahas topik yang bertujuan agar individu menambah pengetahuan, wawasan, serta mengembangkan potensi yang dimiliki, dalam hal ini terkait dengan peningkatan penerimaan diri siswa kelas X MIPA-5 SMA Negeri 1 Karanganyar Demak. Sedangkan teknik self management merupakan kemampuan individu untuk mengarahkan atau mengatur tingkah lakunya sendiri. Individu dapat mengendalikan keberadaan diri secara keseluruhan baik dari segi fisik, emosi, dan mental atau pikiran. Oleh karena itu, peneliti berupaya menerapkan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan penerimaan diri siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini sebanyak8 siswa kelas X MIPA-5 di SMA Negeri 1 Karanganyar Demak yang memiliki tingkat penerimaan diri yang rendah. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus kegiatan yaitu siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan meliputi: menyusun perencanaan, melaksanaan tindakan, melakukan observasi dan membuat analisis dilanjutkan refleksi. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan rekaman foto. Validasi penelitian tindakan kelas ini menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan diri siswa pada prasiklus dari 8 siswa diperoleh rata-rata skor 24 dengan persentase 48,6% termasuk kategori kurang, meningkat di siklus I dengan rata-rata skor menjadi 29 dengan persentase 58,8% termasuk kategori cukup. Kemudian di siklus II diperoleh skor rata-rata 38 dengan persentase 75,9% termasuk kategori baik. Adapun rata-rata skor aktivitas peneliti dari siklus I diperoleh 65,7 dengan persentase 62,5% termasuk kategori cukup meningkat di siklus II diperoleh rata-rata skor 91,3 dengan persentase 87% termasuk kategori sangat baik. Kemudian aktivitas siswa pada siklus I mencapai mencapai rata-rata skor 65,3 dengan persentase 62,2% termasuk kategori cukup, sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata skor 90 dengan persentase 85,7% termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat penerimaan diri(self acceptance) siswa kelas X MIPA-5 di SMA Negeri 1 Karanganyar Demak telah mengalami peningkatan setelah diberikan enam kali tindakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Simpulan dari penelitian ini adalah penerimaan diri siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self managementtermasuk dalam kategori kurang. Kemudian penerimaan diri siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management masuk dalam kategori baik.Melihat temuan di lapangan peneliti memberikan saran kepada (1) Kepala Sekolah, diharapkan kepala sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok, (2) Kepada guru Bimbingan dan Konseling, diharapkan dapat mengaplikasikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management, (3) Kepada siswa, diharapkan mempertahankan penerimaan diri yang sudah terbentuk dengan baik, (4) Bagi peneliti berikutnya dapat lebih mendalami lagi mengenai perilaku penerimaan diri yang rendah pada siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons. Pembimbing 2 Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Self Acceptance, Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jul 2021 19:31
Last Modified: 02 Jul 2021 19:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14378

Actions (login required)

View Item View Item