Peningkatan pemahaman dampak pacaran sejak dini melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di sma negeri 1 karanganyar demak

GUMELAR, AGUM (2020) Peningkatan pemahaman dampak pacaran sejak dini melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di sma negeri 1 karanganyar demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar Demak yang menunjukkan tingkat pemahaman dampak pacaran sejak dini yang rendah, dengan indikator rendahnya pemahaman tentang tahapan pacaran remaja zaman sekarang, penyebab pacaran sejak dini, komponen-komponen dalam berpacaran, dampak negatif pacaran sejak dini, dampak pacaran terhadap prestasi belajar dan kiat menghindari dampak negatif pacaran sejak dini.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaituapakah tingkat pemahaman siswa tentang dampak pacaran sejak dini dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama khususnya pada siswa kelas X MIPA-5 di SMA Negeri 1 Karanganyar Demak. Sesuai rumusan masalah yang telah dikemukakan, maka tujuan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat PENINGKATAN pemahaman dampak pacaran sejak dini pada siswa kelas X MIPA-5 di SMA Negeri 1 Karanganyar Demak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini sebanyak8 siswa kelas X MIPA-5di SMA Negeri 1 Karanganyar Demak tahun pelajaran 2019/2020 yang memiliki tingkat pemahaman yang rendah tentang dampak pacaran sejak dini. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus kegiatan yaitu siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan meliputi: menyusun perencanaan, melaksanaan tindakan, melakukan observasi dan membuat analisis dilanjutkan refleksi. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan rekaman foto. Validasi penelitian tindakan kelas ini menggunakan triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda.Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus tingkat pemahaman siswa tentang dampak pacaran sejak dini dari 8 siswa dalam kategori kurangdengan rata-rata skor 64,9 (40,5%).Siklus I pemahaman dampak negatif pacaran mengalami peningkatan dalam kategori cukupdengan rata-rata skor 82,5 (51,6%). Hal ini mengalami peningkatan skor 17,6 dari prasiklus. Siklus II pemahaman dampak pemahaman pacaran sejak dini mengalami peningkatan dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 122,9 (76,8%). Hal ini menunjukkan adanya peningkatan 40,4 dari siklus I. Adapun aktivitas peneliti pada siklus I menunjukkan kategori cukup (skor rata-rata 66,3). Mengalami peningkatan skor 18 di siklus II juga dengan kategori sangat baik (skor rata-rata 84,3). Sedangkan aktivitas siswa diketahui pada siklus I dalam kategori cukup (skor rata-rata 26,4). Mengalami peningkatan skor 12,6 juga dengan kategori baik (skor rata-rata 39). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman siswa mengenai dampak pacaran sejak dini pada siswa kelas X MIPA-5 di SMA Negeri 1 Karanganyar Demak telah mengalami peningkatan setelah diberikan enam kali tindakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman siswa tentang dampak pacaran sejak dini sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama masuk dalam kategori kurang, karena siswa belum memahami indikator-indikator dampak pacaran sejak dini.Kemudian pemahaman siswa tentang dampak pacaran sejak dini setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama masuk dalam kategori tinggi dan ada pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman dampak pacaran sejak dini siswa. Bagi guru BK agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dengan cara menyampaikan materi diselingi bermain peran untuk peningkatan pemahaman dampak pacaran sejak dini. Bagi peneliti lain yang tertarik untuk memperkuat penelitian ini, agar dapat melakukan penelitian dengan tema yang sama namun menggunakan teknik layanan yang berbeda. Penelitian ini dapat pula digunakan sebagai acuan penelitian lanjutan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd. Pembimbing 2 Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Dampak Pacaran, Bimbingan Kelompok,Teknik Sosiodrama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jul 2021 19:47
Last Modified: 02 Jul 2021 19:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14380

Actions (login required)

View Item View Item