Thedifficulties in writing descriptive text faced by the students of social program in sman 1 pecangaan

ANDRISWANTO, ARIK (2020) Thedifficulties in writing descriptive text faced by the students of social program in sman 1 pecangaan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (897kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB 6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy

Abstrak

Kesulitan menulis juga dihadapi siswa di SMAN 1 Pecangaan. Saat mengikuti program magang, peneliti melakukan wawancara pendahuluan dengan beberapa siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis. Hasil wawancara ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memproduksi teks tulis. Beberapa siswa masih menulis dalam bahasa Inggris terlebih dahulu, kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris. Ini menjadi masalah karena menerjemahkan dari bahasa lain ke bahasa Inggris adalah kesalahan besar. Beberapa siswa juga mengalami kesulitan untuk menuangkan gagasan ke dalam paragraf dalam menulis teks deskriptif. Berdasarkan fenomena di atas, maka perlu diketahui kesulitan siswa dalam menulis agar guru dapat membantu memperbaikinya untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka. Kemudian siswa akan semakin mahir dalam menulis teks deskriptif. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah menemukan kesulitan siswa dalam menulis teks deskriptif seperti tata bahasa, kosakata dan ejaan, serta mencari solusi guru untuk menyelesaikannya. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dalam studi kasus. Metode tersebut untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dan solusi guru dalam menulis teks deskriptif. Peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner. Kemudian peneliti menganalisis data angket dengan membaca dan menganalisis jawaban angket yang diisi oleh siswa dan guru. Hasil penelitian ini menemukan tiga kesulitan yang dihadapi siswa kelas X SMAN 1 Pecangaan dalam menulis teks deskriptif. Jika diurutkan berdasarkan tertinggi sampai terendah dimulai dari kosakata (68%), ejaan (56%) dan tata bahasa (54,5%), disini aspek kosakata menjadi masalah tertinggi yang dihadapi oleh strategi keempat siswa oleh guru untuk memecahkan kesulitan siswa, mulai dari yang paling kecil hingga yang terkecil. Pada aspek kosakata, mereview materi paling banyak menggunakan strategi (100%). Pada aspek grammar, strategi mendeskripsikan (50%) dan menerjemahkan kata (50%) paling banyak digunakan. Pada aspek ejaan, mereview materi paling banyak menggunakan strategi (100%). Peneliti ingin menyarankan kepada siswa dan guru agar dapat menerapkan pemecahan masalah kepada siswa terutama dalam memotivasi mereka dalam menulis teks deskriptif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Dra. Endang Kusmaryati, M.Pd Pembimbing 2 Mutohhar, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Teks Deskriptif, Menulis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jul 2021 20:51
Last Modified: 02 Jul 2021 20:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14392

Actions (login required)

View Item View Item