Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK)

Nugraheni, Fitri (2009) Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK). Sosial Budaya. ISSN 1979-6889

[img]
Tinjau ulang
PDF - Published Version
Download (197Kb) | Tinjau ulang

    Abstrak

    ABSTRAK: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus. Data dikumpulkan dari 35 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus semester 2 yang mengambil mata kuliah Statistik 1, dengan menggunakan metode pengambilan sampel purposive sampling. Variabel yang diukur adalah motivasi belajar dan hasil belajar. Untuk variabel motivasi belajar, diukur dengan menggunakan angket yang disebarkan pada ke 35 orang mahasiswa yang terpilih sebagai responden penelitian. Sedangkan variabel hasil belajar diadapat dari nilai statistik 1 dari mahasiswa tersebut. Analisis korelasi sederhana digunakan dalam menguji hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar di Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus. Hasil penelitian dengan menggunakan 35 responden tersebut menunjukkan hasil sebagai berikut: didapat bahwa nilai r (koefisien korelasi) adalah sebesar 0,02 atau 2% dan koefisien determinasi sebesar 0,03%, maka hasil penelitian dapat diinterpretasikan bahwa pemberian motivasi belajar berpengaruh sangat kecil terhadap hasil belajar mahasiswa, artinya jika motivasi belajar meningkat maka hasil belajar juga meningkat. Dan faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa, selain motivasi belajar, adalah sebesar 0,97%. ABSTRACT: The goal of this research was to examined the correlation of motivation of study to lecture students’achievement in Economic Faculty of Muria Kudus University. Data was collected from 35 lecture students on second term in Economic Faculty of Muria Kudus University, who take Statistic 1 as their subject, by using purposive sampling as sampling method. Variables measured are motvation of study and achievement of study. The former was measured by using questionaires, which were given to 35 lecture students ellected as repondents. The later was taken from Statistic mark of the students. The simple corelation method was used in testing the correlation of motivation of study to lecture students’achievement in Economic Faculty of Muria Kudus University. The results showed that: r (coefficient of correlation) is 0,02 or 2% and coefficient of determination is 0,03%, so the research’result can be interprated that motivation of study has a little affect to achievement of study. It means that the increase of the motivation of study will be increasing the achievement of study. And other factors that affect the achievement of study, except the motivation of study, is 0,97%.

    Tipe dokumen: Artikel
    Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar motivation of study, avhievement of study
    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
    Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
    Divisions: TIDAK DITENTUKAN
    Depositing User: Users 388 tidak ditemukan.
    Tanggal Deposit: 28 Feb 2012 13:45
    Last Modified: 28 Feb 2012 13:45
    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/144

    Actions (login required)

    View Item