SETYORINI, ENI (2021) Teachers' perception of using storytelling to teach speaking in basic class of brilliant english course (bec). Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
COVER.pdf - Accepted Version Download (522kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Accepted Version Download (189kB) | Preview |
Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf - Accepted Version Download (243kB) | Preview |
Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
Abstrak
Keterampilan berbicara dipandang sebagai salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki siswa. Namun, masih banyak siswa yang masih belum bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Untuk membuat siswa berbicara bahasa Inggris, guru harus mendekati dan memilih teknik yang sesuai untuk mengajar siswa berbicara. Melalui storytellig; siswa diharapkan mampu meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Mendongeng membantu siswa menjadi percaya diri, untuk mengembangkan pengucapan khususnya dalam keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi guru dalam menggunakan storytelling untuk mengajar berbicara di kelas dasar kursus Brilliant English. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain kualitatif deskriptif, dengan partisipan 5 orang guru. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan angket dan wawancara dalam pembelajaran berbicara menggunakan storytelling. Hasil penelitian ini guru BEC membutuhkan teknik yang baik untuk mengajar berbicara kepada siswanya. Guru memberikan persepsi positif tentang penggunaan storytelling sebagai teknik mengajar untuk mengajar berbicara. Para guru menyatakan bahwa mendongeng dapat membantu kepercayaan diri siswa. Selain itu, melalui storytelling siswa mendapat kesempatan dengan imajinasi siswa, dll. Siswa juga dapat memotivasi untuk belajar berbicara dan berharap siswa dapat membuat pembelajaran yang menyenangkan, mengembangkan keterampilan berbicara mereka dengan menggunakan storytelling. Padaakhirpenelitian, parapenelitimenyimpulkanbahwapara guru memberikanpersepsipositiftentangpenggunaanberceritauntukmengajarkansiswaberbicara.Para guru BEC jugamemandangbahwapenggunaanberceritayaitusangatbergunauntukmegembangkanberbicarasiswa.Penelitijugamemberikan saran untuksiswadan guru.Untuksiswa, penelitimenyarankanbagisiswauntukbelajarberbicaradenganmenggunakanberceritaatausiswadapatmenerapkanalatbantupengajaranseperticerita, video tentangmendongengdan lain-lain ketikasiswabelajarberbicarakarenaitumemberibanyakmanfaatbagimereka. Kemudianbagi guru, penelitimenyarankankepadapara guru untukmenggunakanmendongenguntukmengajarberbicara. Guru haruskreatifdalammemberikanmateri. Karenanyasiswatertarikdanseriusdalam proses pembelajaran. Guru jugaperlumemberiperhatianlebihkepadasiswadanmembuatsiswaaktifataubersemangatuntukberkembangdenganbaik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DosenPembimbing: (1) Dr. Fitri Budi Suryani, S.S, M.Pd, (2) AisyahRirinPerwikasihUtari, S.S, M.Pd. |
Kata Kunci: | Persepsi Guru,Bercerita, MengajarBerbicara |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 20:22 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 20:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14427 |
Actions (login required)
View Item |