Teachers’ beliefs and classroom practice in teaching grammar (a case study at smp 4 kudus)

MAULIDYANINGRUM, TIARA (2021) Teachers’ beliefs and classroom practice in teaching grammar (a case study at smp 4 kudus). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (841kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus mengenai keyakinan guru dan praktik kelas dalam mengajar tata bahasa Inggris . Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi keyakinan guru tentang cara tata bahasa di kelas menulis harus diajarkan di SMPN 4 Kudus. (2) untuk menjelaskan praktik kelas yang sebenarnya dalam pengajaran tata bahasa di kelas menulis di SMPN 4 Kudus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Object penelitian ini adalah keyakinan guru dan praktik kelas dalam mengajarkan tata bahasa Bahasa Inggris di SMPN 4 Kudus. Subjek dari penelitian ini adalah 5 orang guru bahasa Inggris di SMPN 4 Kudus yang memiliki pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun. Semua guru bahasa Inggris adalah perempuan. Mereka mengajar kelas VII sampai IX. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan catatan wawancara. Kemudian, teknik mengumpulkan data adalah menyebarkan angket dan melakukan interview secara ter-struktur. Dan, untuk menganalisis data, penulis menggunakan formula dari Creswell (2014) untuk menghitung hasil kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah keyakinan guru dari sebagian besar guru bahasa Inggris di SMPN 4 Kudus positif. Praktik sebenarnya dalam pengajaran tata bahasa Inggris sesuai dengan keyakinan guru bahwa pengajaran terbaik tata bahasa Inggris adalah secara kebetulan (tidak membutuhkan rencana pengajaran tata bahasa Inggris). Guru Bahasa Inggris di SMPN 4 Kudus, memiliki beberapa metode pengajaran diantaranya; TPR, EGRA, Inductive Learning and Deductive Learning. Kemudian, media yang digunakan adalah Realia. Dan strategi yang paling sering digunakan dan paling efektif adalah dengan menulis penjelasan tentang kaidah tata bahasa Inggris (guru menuliskan susunan rumus di papan tulis sebelum menjelaskan di depan kelas) dan menyediakan beberapa contoh yang memungkinkan dalam mengajar susunan rumus tata bahasa Inggris. Dari penemuan diatas, penulis dapat menyimpulkan bahwa guru Bahasa Inggris di SMPN 4 Kudus memiliki keyakinan yang positif terhadap mengajar Tata Bahasa Inggris di kelas menulis dan praktik sebenarnya di dalam kelas sesuai dengan keyakinan mereka. Jadi, hal ini dapat menjadi hasil yang baik dalam proses mengajar Tata Bahasa Inggris di kelas menulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Muh. Syafei, M.P.d. Pembimbing 2 Fajar Kartika, S.S, M.Hum.
Kata Kunci: Keyakinan guru, Praktik kelas, Tata Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jul 2021 19:39
Last Modified: 08 Jul 2021 19:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14442

Actions (login required)

View Item View Item