Pola asuh orang tua pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar anak di desa gribig

Fatmawati, Erna (2021) Pola asuh orang tua pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar anak di desa gribig. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALA JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua dalam motivasi anak belajar daring di Desa Gribigdengan rumusan masalah Bagaimana Pola Asuh Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dan Faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pola asuh orang tua dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Anak.Pola asuh orang tua adalah kontrol orang tua dalam memberikan pengasuhan terhadap anak dalam hal ini orang tua mendidik dan membimbing kepribadian anak serta membangun pengetahuan sehingga memungkinkan anak dapat berkembang sesuai usia perkembangannya. Jenis pola asuh meliputi pola asuh permisif, demokratif, otoritatif dan pola asuh penelantaran. Lingkungan belajar keluarga adalah lingkungan belajar yang sangat mempengaruhi pola kehidupan pada anak. Motivasi belajar dorongan dari dalam maupun luar untuk tetap belajar sehingga seseorang atau khususnya siswa sekolah dasar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal berkat dorongan semangat atau motivasi belajar yang tinggi. Pola asuh yang positif akan memberikan dorongan motivasi belajar yang tinggi terhadap anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Gribig dengan subyek penelitian orang tua siswa dan siswa sebagai subjek. Penelitian inimenggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orang tua dalam memberikan bentuk pola pengasuhan menggunakan pola asuh demokratis.Orang tua sering memberikan nasihat berkaitan dengan belajar dan nilai-nilai religius. Sedangkan Pola pengasuhan penelantaran, pola asuh ini orang tua cenderung tidak terlibat sama sekali dalam kehidupan anak tidak ditemukan oleh peneliti sehingga temuan utama dalam penelitian ini adalah pola yang diterapkan oleh orang tua anak Desa Gribig adalah bentuk pola pengasuhan demokratis.Penerapan pola asuh yang baik dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar dan siswa memiliki pendidikan karakter yang baik dalam upaya mempersiapkan generasi yang akan datang memberikan sikap yang positif, perlakuan yang sesuai dari orang tua dalam mendidik anak, maka akan lebih mudah meningkatkan motivasi anak dalam belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd.,MA Pembimbing 2 Deka Setiawan, M.Pd.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar dan Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jul 2021 19:51
Last Modified: 08 Jul 2021 19:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item