Analisis kedisiplinan belajar siswa terhadap pembelajaran jarak jauh (daring)

NINGRUM, WAHYU LUTHFIYA (2021) Analisis kedisiplinan belajar siswa terhadap pembelajaran jarak jauh (daring). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (801kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy

Abstrak

Kedisiplinan tidak tumbuh dengan sendirinya namun perlu dibina melalui latihan, pendidikan, serta penanaman kebiasaan oleh guru dan orang tua.Definisi disiplin sendiri menurut Prijodarminto dalam (Tu’u, 2017: 31) yaitu sebagai suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, dan keteraturan atau ketertiban. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan pada siswa sekolah dasar di masa pandemi ini terdapat beberapa permasalahan kedisiplinan belajar siswa. Permasalahan tersebut antara lain: siswa tidak pernah belajar dengan baik di rumah, siswa tidak memahami pembelajaran yang disampaikan guru lewat pembelajaran jarak jauh sehingga membuat mereka tidak minat belajar, siswa tidak pernah membaca buku paket yang diberikan sekolah, prestasi belajar siswa menurun. Pembelajaran secara daring merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang memanfaatkan perangkat elektronik khususnya internet dalam penyampaian belajar. Pembelajaran daring sepenuhnya bergantung pada akses jaringan internet.Pembelajaran daring merupakan sebuah pembelajaran yang dilakukan dalam jarak jauh melalui media berupa dan alat penunjang lainnya seperti telepon seluler dan computer. Pembelajaran daring sangat berbeda dengan pembelajaran seperti biasa, pembelajaran darimg lebih menekankan pada ketelitian dan kejelian peserta didik dalam menerima dan mengolah informasi yang disajikan secara online. Konsep pembelajaran daring memiliki konsep yang sama dengan e-learning. Pembelajaran jarak jauh tanpa mendapatkan pengawasan langsung secara terus menerus dari pengajar atau tutor yang hadir di ruang belajar atau di lingkungan tempat belajarnya. Pembelajar dan pengajar bekerja secara terpisah, dan adanya perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan yang mengatur pendidikan jarak jauh itu. Pembelajaran jarak jauh secara daring membutuhkan kedisiplinan baik dari orang tua , guru, maupun siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Su’ad M.Pd
Kata Kunci: Disiplin belajar, PJJ (pembelajaran jarak jauh)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jul 2021 20:25
Last Modified: 08 Jul 2021 20:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14447

Actions (login required)

View Item View Item