Peran orang tua dalampencapaian prestasi belajar siswa kelas iv sd pada pembelajaran daring Sd n 02 karangharjo

SYAFA’ATI, JOVANA SHELVI NUR (2021) Peran orang tua dalampencapaian prestasi belajar siswa kelas iv sd pada pembelajaran daring Sd n 02 karangharjo. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Prestasi belajar adalah suatu pencapaian pada perubahan yang terjadi pada anak SD dari segi aspek kognitif, efektif, dan psikomotorik yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pelajaran yang ada di sekolah. Prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang baik. Pada masa pandemi covid-19 ini pembelajaran dilakukan secara daring, dan penerapan pembelajaran daring di SD N 02 Karangharjo menggunakan aplikasi berupa whatsapp.Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang di lakukan dirumah dengan bantuan alat komunikasi dan teknologi dengan sambungan internet untuk mengolah dan menerima informasi proses pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan di rumah akan mengakibatkan perlunya peran orang tua dalam hal membantu anak saat proses pembelajaran, membimbing dan memotivasi anak saat di rumah, dan menyediakan alat yang di butuhkan anak dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SD N 02 Karangharjo, Desa Karangharjo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Objek yang akan diteliti adalah pran orang tua dalam pencapaian belajar siswa kelas 4 pada pembelajaran daring SD N 02 Karangharjo. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas 4, siswa kelas 4 dan wali murid kelas 4 SD N 02 Karangharjo. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi, buku referensi, artikel, catatan penelitian serta data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Hasil penelitian ini adalah (1) pembelajaran daring pada SD N 02 Karangharjo menggunakan aplikasi whatsapp sebagai media perantara, aplikasi whatsapp dirasa paling mudah digunakan dan hemat namun tetap pembelajaran daring dirasa kurang efektif, terdapat hambatan pembelajaran daring, kendala pada penggunaan internet jaringan yang bermasalah, pembelajaran daring kurang efektif membuat anak malas belajar dan tidak teratur dalam belajar, pencapaian prestasi belajar siswa tidak dapat dipantau secara langsung oleh guru, kurang maksimal dalam belajar, prestasi belajar menurun, (2) prestasi belajar yang tetap tercapai dengan siswa yang mendapat perhatian, motivasi, bimbingan belajar oleh keluarga terutama orang tua, jadi peran orang tua dalam mengawasi, memberi prhatian, membimbingm memberi motivasi, sebagai fasilitator anak, dan komunikasi yang baik dalam membentuk cara belajar yang efektif dan efisien sangatlah diperlukan dan sangat berpengaruh pada hasil pencapaian prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Sucipto, S. Pd, M. Pd, Pembimbing 2 Mila Roysa, S. Pd, M. Pd.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jul 2021 20:30
Last Modified: 08 Jul 2021 20:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14448

Actions (login required)

View Item View Item