Pengaruh peran orang tua, guru, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di sd negeri kecamatan bonang kabupaten demak

RUSTIANI, SANTI (2021) Pengaruh peran orang tua, guru, dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di sd negeri kecamatan bonang kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. (2) Menganalisis pengaruh peran guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. (3) Menganalisis pengaruh peran lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas 4 di SD Negeri Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN Gugus Ahmad Yani Kecamatan Bonang Kabupaten Demak sebanyak 144 siswa, yang kemudian diperoleh sampel sebanyak 99 siswa yang diambil dari data populasi dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Penentuan jumlah sampel penelitian menggunakan rumus Slovin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode ex post facto. Ada 4 macam variabel yang dilibatkan dalam penelitian ini yang terdiri atas 3 (3) variabel bebas (independent variable) dan satu (1) variabel terikat (dependent variable). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan peran orang tua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 31,2% dengan nilai korelasi sebesar 0,534. (2) Ada pengaruh yang signifikan peran guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 77,5% dengan nilai korelasi sebesar 0,880. (3) Ada pengaruh yang signifikan peran lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 24,6% dengan nilai korelasi sebesar 0,496. Saran dari peneliti agar meningkatkan peran orang tua dan guru semaksimal mungkin untuk dapat membimbing dan mengarahkan agar anak lebih termotivasi dalam pendidikan mereka. Meningkatkan ketertarikan anak terhadap pendidikan dengan memberikan nuansa belajar yang nyaman, menarik dan menyenangkan agar hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Santoso, M.Pd, (2) Dr. Sri Surachmi W, M. Pd
Kata Kunci: Pengaruh peran orang tua, guru, lingkungan sekolah, motivasi belajar.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jul 2021 19:42
Last Modified: 14 Jul 2021 19:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14503

Actions (login required)

View Item View Item