Keefektifan model inkuiri terbimbing dan problem based learning pada pembelajaran menulis teks narasi bagi peserta didikkelas v sekolah dasar

WIDIASTUTI, DWI KURNIATI (2021) Keefektifan model inkuiri terbimbing dan problem based learning pada pembelajaran menulis teks narasi bagi peserta didikkelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (350kB) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni (1) menguji keefektifanpenggunaan model inkuiritebimbing dalam pembelajaran menulis teks narasi pada peserta didik kelas V sekolah ; (2) menguji keefektifan penggunaan model PBL dalam pembelajaran menulis teks narasi pada peserta didik kelas V sekolah dasar ; (3) menentukan keefektifan interaksi model inkuiriterbimbing dan model PBL dalam pembelajaran menulis teksnarasi pada peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experiment. Sebagai kelas eksperimenadalah Kelas V SDN Karangsono 3 sedangkan kelas kontrol kelas V SDN Karangsono 2. Subjek pada penelitian ini yaitu keterampilan menulis teks narasi kelas V SDN Karangsono 3 sejumlah 20 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN Karangsono 2 sejumlah 16 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Uji persyaratan eksperimen dilaksanakan terlebih dahulu sebelum dilakukan penelitian dan hasilnya menujukkan bahwa data berdistribusi normal atau homogen dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.003 <0.005. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan efektivitas hasil belajar menulis teks narasi antara kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, dengan Kelas kontrol yang mendapat perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning. Perolehan niai rata-rataposttest kelas eksperimen sebesar83,75 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 80,31. Jadi dapat diartikan model pembelajaran Inkuiri Terbimbinglebih efektif dibandingkan model pembelajaran Problem Based Learningdalam pembelajaran menulis teks narasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing II Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Menulis teks narasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jul 2021 20:01
Last Modified: 14 Jul 2021 20:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14504

Actions (login required)

View Item View Item