Pola pembelajaran guru pada masa pandemi corona (covid-19) sekolah dasar negeri di gugus jayabaya Kecamatan dempet kabupaten demak

FATA, ZAENAL (2021) Pola pembelajaran guru pada masa pandemi corona (covid-19) sekolah dasar negeri di gugus jayabaya Kecamatan dempet kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan pola pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) pada Sekolah Dasar Negeri di Gugus Jayabaya, Dempet. 2) mendeskripsikan faktor pendukung pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) pada Sekolah Dasar Negeri di Gugus Jayabaya,Dempet. 3) mendeskripsikan faktor penghambat pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) pada Sekolah Dasar Negeri di Gugus Jayabaya, Dempet. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun yang dimaksud dengan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Penggalian data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori dari Miles and Hubermen. Hasil Penelitian 1) Pola pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) pada Sekolah Dasar Negeri di Gugus Jayabaya Kecamatan Dempet Kabupaten Demak diantaranya adalah a) perencanaan pembelajarn ,c) evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memberikan soal tes. Soal tes dikirim pada group whatshap dan diselesaikan oleh siswa pada waktu yang telah ditentukan. 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) pada Sekolah Dasar Negeri di Gugus Jayabaya Kecamatan Dempet Kabupaten Demak adalah a) kepala sekolah, b) orang tua, c) komite sekolah, d) kesadaran semua pihak, e) perangkat pembelajaran yang memadai baik itu jaringan internet, perangkat komputer. 3) faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran guru pada masa pandemi corona (COVID-19) pada Sekolah Dasar Negeri di Gugus Jayabaya Kecamatan Dempet Kabupaten Demak a) ketidak siapan guru dalam pembelajaran daring, b) ketidak siapan siswa dalam pembelajaran daring, c) perangkat pembelajaran daring yang tidak maksimal, d) keterbatasan waktu dan kontrol belajar. Saran penelitian ini agar guru tetap mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pembelajaran. Peran guru tidak bisa digantikan dalam situasi dan kondisi apapun termasuk kondisi pandemi corona Covid-19 sekarang ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I Dr. Su’ad,M.Pd. Pembimbing II Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: Pola pembelajaran guru, kondisi pandemi corona
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jul 2021 20:08
Last Modified: 14 Jul 2021 20:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14505

Actions (login required)

View Item View Item