Pengembangan media halma untuk meningkatkan kemampuan berhitung kelipatan suatu bilangan Siswa kelas 4 sd kabupaten demak

HARDONO, TRI (2021) Pengembangan media halma untuk meningkatkan kemampuan berhitung kelipatan suatu bilangan Siswa kelas 4 sd kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah 1) mengembangkan media pembelajaran permainan halma untuk meningkatkan kemampuan berhitung kelipatan suatu bilangan kelas 4 SD di kabupaten Demak 2) Mendiskripsikan hasil pengujian validitasi, keefektifan penggunaan media pembelajaran permainan halma. Penelitian ini menggunakan metode Research and devolepment dari Borg and Gall dengan pembuktian kesignifikan media ini menggunakan quasi eksperimen, pendekatan kuantitatif dengan desain true experiment Posttest-Only control Design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 22 siswa kelas control dan 22 siswa eksperimen. Langkah dalam penelitian ini ada 4 tahap yaitu tahap studi pendahuluan, untuk mendapatkan berbagai informasi awal yang dapat dijadikan dasar untuk merancang media, tahap pengembangan dan validasi media, tahap uji lapangan, dan tahap diseminasi dan sosialisasi. Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran manual dan digital, produk manual berupa papan permainan kelipatan bilangan dari kertas, sedangkan produk digital berupa aplikasi game menggunakan articulate storyline 3. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa media yang dikembangkan ini valid. Validasi dari para ahli media dan ahli materi memberikan penilaian, validator I, II, III, dan IV masing- masing 36, 35, 37, dan 36 dari skor maksimal 40. Meia yang diikembangkan dikategorikan sangat baik. Hasil Wawancara dengan guru menunujukkan bahwa Sebanyak 93,6% media permainan halma yang dikembangkanlayak digunakan dan terdapat 4,8% yang menyatakan biasa-biasa saja pada pembelajaran penggunaan media ini. Hasil uji t posttest kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai thitung = -336 dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,664 > α = 0,05 sehingga H0 diterima. Artinya bahwa hipotesis yang berbunyi ada peningkatan kemampuan berhitung kelipatan bilangan dengan penggunaan media pembelajaran halma yang dikembangkan. Dari Penelitian ini disarankan agar guru senantiasa berinovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Suad, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd
Kata Kunci: Permainan halma, kelipatan bilangan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Jul 2021 19:41
Last Modified: 15 Jul 2021 19:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14515

Actions (login required)

View Item View Item