Pengembangan video pembelajaran daring Berbasis whatsapp pada materi siklus air kelas v sekolah dasar

Riyanti, Dwi (2021) Pengembangan video pembelajaran daring Berbasis whatsapp pada materi siklus air kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (Hal Depan)
JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BABI.pdf - Accepted Version

Download (361kB)
[img] Text (Bab 2)
BABII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BABIII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BABIV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BABV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (347kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan 1) Menganalisis Kebutuhan media pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di Sekolah Dasar Kelas V di Kecamatan 2) Mengembangkan Media Video Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp pada materi siklus air di Sekolah Dasar Kelas V di Kecamatan Wonosalam 3). Mendiskripsikan Keefektifan Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Wonosalam di Masa Pandemi Covid 19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam peneliyian ini dilakukan melalui onservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari kebutuhan dan analisis validasi. Hasil penelitan menunjukkan hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikan untuk kelompok eksperimen sebesar 0,108 Dan nilai signifikansi untuk kelompok konterol sebesar 0,191 Karena nilai signifikansi untuk kedua kelompok tersebut >0,05, maka nilai siswa kelompok eksperimen dan kelompok komterol berdisteribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi nilai keterampilan berfikir kritis pada siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah sebesar 0,284 karena nilai signifikasi 0, 738 > 0,05maka keterampilan nilai berpikir kritis siswa kelompok eksperimen dan konterol sama atau homogen. Selanjutnya hasil uji-t didapatkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 13.559 > 2,2262, Datanilai dianalisis dengan taraf signifikansi 0,05. Maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan media pembelajaran daring berbasis whatsapp dan sesudah menggunakan media pembelajaran pembelajaran berbasis whatsapp layak digunakan dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dimasa pandemi covid-19. Kesimpulan ini menunjukkan hasil analisis ahli media diperoleh video pembelajarn daring berbasis whatsapp cocok digunakan dan mempunyai peran yang asangat penting dalam pembelajaran, dimana pembelajarn tersebut berisi gambar video animasi dan suara tentang sisklus air yang dapat meningktkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Pembimbing Pembimbing 2 Dr. Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran daring, whatsapp , siklus air.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Jul 2021 19:51
Last Modified: 15 Jul 2021 19:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item View Item