Faktor motivasi belajar tahfidz alqur’an Di pondok pesantren

AMAL, MUHAMMAD AUFAL (2021) Faktor motivasi belajar tahfidz alqur’an Di pondok pesantren. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana faktor yang mempengaruhi motivasi belajar santri yang menghafal al-Qur’an. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi, subjek penelitian sebanyak tiga orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan Coding. Hasil penelitian ini terdiri dari factor internal dan ekternal. Factor internal terdiri dari fisik dan psikologis. Dalam factor fisik para informan merasa kebutuhan yang diberikan di dalam kurang memenuhi harapan informan. Sedangkan dalam segi psikologis, para informan merasa terbebani dalam menghafal al Qur’an. Untuk factor eksternal, dalam aspek social, para informan mendapatkan dukungan dari orang tua dan di aspek non social informan satu dan dua merasa kurangnya fasilitas di dalam pondok yang dapat menunjang hafalan qur’an sehingga informan merasa terpaksa untuk melakukan hafalan al Qur’an. Faktor terbesar yang mempengaruhi seluruh informan adalah factor orangtua dan manajemen waktu subjek yang baik, karena terdapat kegiatan lain selain di dalam pondok pesantren.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: 1. Dr. M. Widjanarko, S.Psi,M.Si Dosen Pembimbing: 2. Fajar Kawuryan, S.Psi,M. Si
Kata Kunci: motivasi belajar, pesantren, menghafal al-Qur’an.
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Psikologi perbandingan. hewan dan psikologi manusia
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Jul 2021 22:17
Last Modified: 20 Jul 2021 22:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14547

Actions (login required)

View Item View Item