YUSUF, AFIF NOR (2021) Analisis sentimen mengenai layanan provider indihome berdasarkan pendapat pelanggan melalui media sosial twitter menggunakan metode naive bayes classifier. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Bab I.pdf - Accepted Version Download (37kB) | Preview |
Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (163kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (636kB) | Request a copy |
Abstrak
Pada masa saat ini microblogging sudah jadi layanan komunikasi yang benar-benar populer di kalangan penggiat internet. Microblogging ialah suatu wadah media sosial yang memungkinkan pengguna untuk mempublikasi pesan pendek bermacam opini tentang bermacam topik, mengulas isu, menuliskan pembahasan suatu layanan, menulis kabar dalam jumlah karakter terbatas(Yenni Tresnawati, 2017). Dengan media sosial, informasi masyarakat sangat beragam, dari informasi tersebut data dapat diolah menjadi analisis sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sentimen masyarakat terhadap provider Indihome. Tahapan proses dimulai dari pengumpulan data, preprocessing, dan pelabelan. Setelah melakukan pelabelan, dilakukan penggolongan atau clustering pada tiap tweet, salah satunya menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Berdasarkan hasil eksperimen, analisis sentimen yang dapat dilakukan oleh sistem dengan tingkat akurasi yang didapat ialah 77,25%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Endang Supriyati, S.Kom., M.Kom. Pembimbing 2. Tri Listyorini, S.Kom., M.Kom. |
Kata Kunci: | Analisis Sentimen, Twitter, Naive Bayes Classifier, Text Mining, Python |
Subjects: | Teknologi > Teknologi (umum) > Komunikasi informasi teknik Teknologi > Teknologi (umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 20:17 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 20:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14642 |
Actions (login required)
View Item |