Pengaruh tingkat suku bunga, inflasi dan leverage terhadap return saham dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi (studi kasus pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bei periode 2015-2019)

WIJAYA, RAKHMAD AJI (2021) Pengaruh tingkat suku bunga, inflasi dan leverage terhadap return saham dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi (studi kasus pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bei periode 2015-2019). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (631kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) pengaruh tingkat suku bunga terhadap profitabilitas, 2) pengaruh tingkat suku bunga terhadap return saham, 3) pengaruh inflasi terhadap profitabilitas, 4) pengaruh inflasi terhadap return saham, 5) pengaruh leverage terhadap profitabilitas, 6) pengaruh leverage terhadap return saham, 7) pengaruh profitabilitas terhadap return saham, 8) pengaruh tingkat suku bunga terhadap return saham yang dimediasi profitabilitas, 9) pengaruh inflasi terhadap return saham yang dimediasi profitabilitas, 10) pengaruh leverage terhadap return saham yang dimediasi profitabilitas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian stastistik deskriptif yang berdasarkan pada data sekunder pada perusahaan sektor makanan & minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor makanan & minuman yang terdaftar di BEI sebanyak 23 perusahaan. Sampel penelitian ini sebanyak 9 perusahaan yang diperoleh berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dalam menguji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan menggunakan software SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, (2) tingkat suku bunga tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, (3) inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, (4) inflasi berpengaruh negatif dan signifkan terhadap return saham, (5) leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, (6) leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, (7) profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap return saham, (8) tingkat suku bunga terhadap return saham dapat dimediasi profitabilitas, (9) inflasi terhadap return saham dapat dimediasi profitabilitas, (10 leverage terhadap return saham tidak dapat dimediasi profitabilitas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dr. Supriyono, S.E., M.M 2 : Mira Meilia Marka, S.E., M.M
Kata Kunci: Tingkat Suku Bunga, Inflasi, Leverage, Profitabilitas, dan Return Saham.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Aug 2021 20:52
Last Modified: 02 Aug 2021 20:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14674

Actions (login required)

View Item View Item