Kesejahteraan psikologis remaja panti asuhan

NIKMAH, INAYATUL (2021) Kesejahteraan psikologis remaja panti asuhan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (593kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam tumbuh kembang remaja yang optimal sangat dibutuhkan kesejahteraan psikologis. Kesejahteraan psikologis yaitu individu yang dapat menggunakan fungsi positif secara penuh (Ryan & Deci, 2001). Terdapat enam dimensi kesejahteraan psikologis menurut Ryff (1989) yaitu penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, tujuan hidup, perkembangan pribadi dan penguasaan lingkungan. Adapun dalam mewujudkan kesejahteraan psikologis tentunya membutuhkan pola asuh orang tua dan keluarga, namun tidak semua remaja mendapatkan hal tersebut karena berbagai hal yang melatarbelakangi. Penulis melakukan penelitian menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi di salah satu panti asuhan di Kudus. Sesuai hasil penelitian di lapangan ketiga informan mengaku kesulitan menyesuaikan diri saat awal di panti asuhan, adapun saat ini ketiga informan sudah nyaman tinggal di panti asuhan. Hanya informan M yang mampu mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan, sedangkan informan I dan S belum. Informan I dan S juga memiliki hubungan yang kurang baik dengan ayah kandung yang disebabkan oleh perceraian orang tua. Ketiga informan juga merasa kewalahan mengatur waktu dalam melaksanakan kewajiban. Hanya informan I yang memiliki keberarahan hidup dan memiliki langkah progresif untuk meraih cita-cita. Meski begiru ketiga informan cukup optimis akan sukses di masa depan. Informan M dan I mengikuti kegiatan pengembangan minat dan bakat untuk keberlanjutan pertumuhan pribadi, sedangkan S tidak mengikutinya. Ketiga informan juga belum mampu mengatur lingkungan supaya lebih baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ibu Fajar Kawuryan, S.Psi. M.Si Pembimbing 2 Bapak Dr. Trubus Raharjo,
Kata Kunci: Kesejahteraan Psikologis, Remaja, Panti Asuhan
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Aug 2021 19:08
Last Modified: 19 Aug 2021 19:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14726

Actions (login required)

View Item View Item