Peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ips kelas iv di sd n 3 terban

PUTRA, ARDION RIZQI PRAMANA (2021) Peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ips kelas iv di sd n 3 terban. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Kualitas suatu pembelajaran tak lepas dari peran guru sebagai seorang pendidik di lingkungan sekolah. Dalam proses pembelajarannya, guru dituntut mampu memiliki kemampuan untuk membimbing siswanya agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang banyak menekankan pada teori, guru harus mampu memberikan yang terbaik pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Kelas IV di SD N 3 Terban tahun 2020/2021 dan menganalisis faktor apa saja yang menghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Kelas IV di SD N 3 Terban tahun 2020/2021. Peran guru merupakan tercapainya serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan dilakukan dalam suatu situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa yang menjadi tujuannya.Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS merupakan segala daya upaya yang ditempuh seorang guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar dan nilai-nilai sosial yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan. Penelitian inimenggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Lokasi penelitian ini di SD N 3 Terban.Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu.Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV sudah berjalan cukup baik.Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan peran guru yang telah dilakukan guru kelas IV diantaranya dengan berperan sebagai informator, organisator, motivator, fasilitator, pembimbing, demonstrator, mediator, dan evaluator. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS guru kelas IV juga telah menambah jam pembelajaran, mengorganisasikan materi, dan menyesuaikan tingkat materi dengan kemampuan siswa. Faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas IV antara lainberasal dari faktor internal (minat siswa itu sendiri) dan faktor eksternal (guru).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A (2) Santoso, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Peran Guru, Kualitas Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Buku-buku acuan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Aug 2021 19:32
Last Modified: 19 Aug 2021 19:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14729

Actions (login required)

View Item View Item