RAHMAWATI, FEBY FADILLA (2021) Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring pada siswa kelas iv sd 4 damarjati. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (408kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (259kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan pembelajaran daring pada siswa kelas IV SD 4 damarjati. Dengan rumusan masalah faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring kelas IV SD 4 Damarjati dan peran guru dalam menerapkan pembelajaran daring kelas IV SD 4 Damarjati. Penelitian ini membahas tentang penyebab kesulitan belajar terhadap pmbelajaran daring terdapat 2 jenis faktor kesulitan belajar yaitu: faktor Intern dan faktor Ekstern sedangkan peran guru dalam menerapkan pembelajaran daring memiliki peran penting dalam diri anak pentingnya mengelola pembelajaran agar menjadi kondusif. Sejalan dengan pernyataan tersebut, penelitian ini akan mengembangkan faktor- faktor kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring siswa kelas IV SD 4 Damarjati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Damarjati Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek penelitian Guru kelas, Siswa, dan Orang Tua Siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor penyebab kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring pada siswa kelas IV SD 4 Damarjati minat belajar siswa pada masa pandemi masih rendah, hal ini terlihat dari sikap yang ditunjukan oleh siswa yaitu: a) siswa kesulitan untuk memilik kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan materi pelajaran yang di ajarkan secara daring. b) Kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang telah disampaikan secara daring. c) siswa merasakan bosan dan jenuh dalam mengikuti materi pelajaran yang disampaikan guru. d) siswa tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang baik. Peranan yang telah dilakukan oleh guru di SD 4 Damarjati dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu guru berusaha menjalankan perannya sebagai berikut.a) Sebagai demonstrator b) Sebagai pengelola pembelajaran c) Sebagai mediator dan fasilitator d) sebagai evaluator.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. Pembimbing Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring dan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 00:12 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 00:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14776 |
Actions (login required)
View Item |