Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring pada siswa kelas iv sd 4 damarjati

RAHMAWATI, FEBY FADILLA (2021) Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring pada siswa kelas iv sd 4 damarjati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan pembelajaran daring pada siswa kelas IV SD 4 damarjati. Dengan rumusan masalah faktor-faktor penyebab kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring kelas IV SD 4 Damarjati dan peran guru dalam menerapkan pembelajaran daring kelas IV SD 4 Damarjati. Penelitian ini membahas tentang penyebab kesulitan belajar terhadap pmbelajaran daring terdapat 2 jenis faktor kesulitan belajar yaitu: faktor Intern dan faktor Ekstern sedangkan peran guru dalam menerapkan pembelajaran daring memiliki peran penting dalam diri anak pentingnya mengelola pembelajaran agar menjadi kondusif. Sejalan dengan pernyataan tersebut, penelitian ini akan mengembangkan faktor- faktor kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring siswa kelas IV SD 4 Damarjati. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan di Desa Damarjati Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara, dengan mengambil subjek penelitian Guru kelas, Siswa, dan Orang Tua Siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor penyebab kesulitan belajar terhadap pembelajaran daring pada siswa kelas IV SD 4 Damarjati minat belajar siswa pada masa pandemi masih rendah, hal ini terlihat dari sikap yang ditunjukan oleh siswa yaitu: a) siswa kesulitan untuk memilik kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan materi pelajaran yang di ajarkan secara daring. b) Kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang telah disampaikan secara daring. c) siswa merasakan bosan dan jenuh dalam mengikuti materi pelajaran yang disampaikan guru. d) siswa tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang baik. Peranan yang telah dilakukan oleh guru di SD 4 Damarjati dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu guru berusaha menjalankan perannya sebagai berikut.a) Sebagai demonstrator b) Sebagai pengelola pembelajaran c) Sebagai mediator dan fasilitator d) sebagai evaluator.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. Pembimbing Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring dan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2021 00:12
Last Modified: 21 Sep 2021 00:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item View Item