NILAI KARAKTER DALAM FILM “SEPATU DAHLAN” KARYA KRISNA PABICHARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR

Umi, Nur Kholidah (2021) NILAI KARAKTER DALAM FILM “SEPATU DAHLAN” KARYA KRISNA PABICHARA SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 16 nilai karakter yang terkandung di film “sepatu dahlan” yang akan dijadikan sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS sekolah dasar berupa modul, dengan rumusan masalah apa saja nilai karakter dalam film “sepatu dahlan” dan implementasi nilai karakter dalam film “sepatu dahlan” karya krisna pabichara sebagai sumber belajar mata pelajaran ips sekolah dasar. Film ini mengisahkan perjuangan hidup Dahlan Iskhan yang sekarang menjabat sebagai menteri BUMN di Indonesia. Kemewahan hidupnya sekarang, bersumber dari masa lalu yang serba kekurangan. Dahlan kecil adalah anak seorang petani yang hidup dengan perekonomian pas pasan. Bahkan untuk memiliki sepasang sepatu saja, Dahlan harus sabar karena terhalang masalah keuangan. Film ini menceritakan tentang kisah inspiratif dari seorang anak kecil bernama Dahlan Iskhan yang mengandung nilai pendidikan karakter. Penelitian ini membahas tentang 16 nilai karakter dalam film “Sepatu Dahlan” yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab dan nilai karakter dijadikan sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS sekolah dasar.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata. Bentuk penelitian ini mengutamakan penghayatan tentang konsep yang sedang dikaji. Pendekatan dalam penelitian ini adalah analisis isi yang menganalisis media yang diteliti. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah film sepatu dahlan karya Krisna Pabichara. Hasil penelitian ini yaitu adanya 16 nilai karakter dalam film sepatu dahlan diantaranya yaitu nilai religious, jujur, disiplin, toleransi, mandiri, kreatif, kerja keras, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli social, dan tanggung jawab. Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film sepatu dahlan dijadikan sebagai sumber belajar mata pelajaran IPS Sekolah Dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (I) Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A Pembimbing (Ii) Suad, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Nilai karakter, film, dan Sumber belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2021 20:13
Last Modified: 21 Sep 2021 20:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14783

Actions (login required)

View Item View Item