ARDIANI, RISA (2021) Proses pembelajaran online berbasis aplikasi whatsapp terhadap minat belajar siswa kelas v sd n winong 01 pati. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (445kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (209kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (199kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pembelajaran online berbasis aplikasi WhatsApp yang diterapkan di SD N Winong 01, (2) mengetahui minat belajar siswa kelas V di SD N Winong 01 terkait adanya pembelajaran online berbasis aplikasi WhatsApp yang diterapkan oleh guru, (3) mengetahui dampak pembelajaran online berbasis aplikasi WhatsApp terhadap minat belajar siswa kelas V di SD N Winong 01. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengggunakan metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SD N Winong 01, Desa Winong, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati. Objek yang diteliti adalah proses pembelajaran online berbasis aplikasi WhatsApp yang diterapkan oleh guru kelas V serta kaitannya dengan minat belajar siswa kelas V di SD N Winong 01. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas V, 5 siswa kelas V SD N Winong 01 dan dokumentasi WhatsApp Group. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini didapatkan melalui buku referensi, artikel, catatan penelitian serta data pendukung lainnnya. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, penyebaran angket, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru langsung memberikan tugas sebelum melakukan kegiatan pembuka. Pada kegiatan inti, guru langsung memberikan tugas tanpa diberi materi pendukung. Akan tetapi, pada tahap evaluasi dan tidak lanjut guru telah melaksanakan penilaian sesuai dengan peraturan tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2021 yaitu memberikan umpan balik yang bersifat kualitatif dan kuantitaif pada hasil belajar siswa. Berkaitan dengan diterapkannya pembelajaran online berbasis aplikasi WhatsApp, siswa merasa bosan selama belajar di rumah. Setiap hari guru memberikan tugas tanpa diberi materi ataupun media yang mendukung untuk proses pembelajaran. Hal ini membuat siswa kurang tertarik dan terlibat dalam pembelajaran. Siswa hanya memberikan respon terhadap tugas yang diinformasikan oleh guru. Namun, adanya tugas setiap hari dan harus dikumpulkan membuat siswa termotivasi untuk rajin belajar dan rajin mengerjakan tugas. Selain itu, siswa juga menjadi lebih tekun dan disiplin dalam belajar serta memiliki jadwal belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. (2) Ratri Rahayu, S.Pd. M.Pd |
Kata Kunci: | Minat Belajar, Pembelajaran Online, Aplikasi WhatsApp |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 21:39 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 21:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14789 |
Actions (login required)
View Item |