Survei sebaran dan produksi tanaman buah pada sistem agroforestri di kawasan hutan rakyat pegunungan muria

Miftahuddin, Miftahuddin (2021) Survei sebaran dan produksi tanaman buah pada sistem agroforestri di kawasan hutan rakyat pegunungan muria. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (798kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di 7 desa hayati kawasan hutan rakyat pegunungan Muria, yaitu Desa Sitiluhur, Plukaran, Jrahi, Tempur, Bungu, Ternadi dan Menawan. Waktu pelaksanaan pada bulan September – Oktober 2019 dengan tujuan untuk mengetahui sebaran dan hubungan luas lahan, jumlah tanaman dan jumlah pupuk terhadap hasil panen tanaman jenis buah di kawasan hutan rakyat pegunungan Muria. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kajian ekonomi, transek dan wawancara melalui kuisioner (explanatory research). Terdapat 3 jalur transek yang pertama pada titik terendah, kedua pada titik tengah dan yang ketiga pada titik tertinggi masing-masing Desa hayati. Terdapat 4 ukuran petak, yang pertama ukuran 20x20m2 untuk tingkat pohon, ukuran 10x10m2 untuk tingkat tiang, ukuran 5x5m2 untuk tingkat pancang dan ukuran 2x2m2 untuk tingkat sebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sebaran tanaman jenis buah pada kawasan hutan rakyat pegunungan Muria. Dengan keanekaragaman tertinggi pada Desa Menawan H’ 1,69 dan yang terendah pada Desa Plukaran H’0,08. Berdasarkan indeks nilai penting sebaran tanaman buah yang tertinggi pada buah pisang (Musa sp.) dengan indeks nilai penting 786,91 dan yang terendah buah jambu mede (Anacardium occidentale) dan kedondeng (Spondias dulcis) dengan indeks nilai penting 3,94. Dari uji regresi linier berganda dan korelasi ditemukan tingkat regresi tertinggi sampai terendah dari keenam tanaman jenis buah terdapat pada tanaman buah durian (Durio zibethinus) dengan nilai R2 89,71% nyata, tanaman buah manggis (Garcinia mangostana) dengan nilai R2 85,17% tidak nyata, tanaman buah alpukat (Persea amerikana) dengan nilai R2 85,03% nyata, tanaman buah jambu air (Syzygium aqueum) dengan nilai R2 75,17% nyata, tanaman buah jeruk pamelo (Citrus Maxima) dengan nilai R2 43,14% nyata dan yang terendah tanaman buah pisang (Musa sp.) dengan niali R2 25,64% tidak nyata. Dari ketiga variabel X (luas lahan, jumlah tanaman dan jumlah pupuk) terdapat korelasi yang dijumpai pada variabel jumlah tanaman terhadap hasil panen dengan nilai korelasi yang diperoleh 0,406 - 0,947. Dari nilai korelasi yang diperoleh terdapat korelasi tertinggi pada tanaman buah durian (Durio zibethinus) dengan nilai korelasi 0,947 dan yang terendah pada tanaman buah pisang dengan nilai korelasi 0,406. Terdapat juga korelasi jumlah pupuk terhadap hasil panen yang hanya dijumpai pada tanaman jambu air (Syzygium aqueum) dengan nilai korelasi 0,805.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 Drs. RM Hendy HHS, M.Si PEMBIMBING 2 Ir. Untung Sudjianto, MS
Kata Kunci: Luas lahan, Jumlah Tanaman, Jumlah Pupuk, Hasil Panen, Sebaran Tanaman Buah, Indeks Keanekaragaman, Indeks Nilai Penting INP%.
Subjects: Pertanian > Pertanian (umum)
Pertanian > Kultur tumbuhan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Sep 2021 00:21
Last Modified: 24 Sep 2021 00:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14845

Actions (login required)

View Item View Item