MASROKHAH, MASROKHAH (2021) Pengaruh model pembelajaran quantum teaching dan talking stick terhadap hasil belajar ips peserta didik sekolah dasar di kecamatan demak. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1)
BABI.pdf - Accepted Version Download (459kB) |
|
Text (Bab 2)
BABII.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BABIII.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BABIV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BABV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (458kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS peserta didik kelas V SD di Kecamatan Demak, (2) pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS peserta didik kelas V SD di Kecamatan Demak,dan (3) perbedaan pengaruh model pembelajaran quantum teaching dan talking stick terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS peserta didik kelas V SD di Kecamatan Demak. Metode penelitian menggunakan quasi experimental design, dengan populasi seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Demak dari 55 SD dengan jumlah 1.627 peserta didik. Adapun sampel penelitian adalah peserta didik kelas VA SD Bintoro 5 (35 peserta didik) dan kelas VB SD Bintoro 5 (34 peserta didik), sebagai kelas eksperimen. Sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas V SD Bintoro 2 dengan jumlah 41 peserta didik Teknik sampling menggunakan purposive random sampling. Rancangan analisis data menggunakan uji-t, dengan terlebih dahulu dilakukan deskripsi data, uji kesamaan rata-rata, dan uji persyaratan analisis (uji normalitas, dan uji homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS, yang ditunjukkan dari hasil uji t sebesar 3,446 > 2,000 dan uji N-gain persen sebesar 59,50 dalam kategori cukup efektif; (2) Penggunaan model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS, yang diindikasikan dari perolehan uji t sebesar 3,252 > 2,000 dan uji N-gain persen sebesar 57,62, dalam kategori cukup efektif; dan (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS, antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan model pembelajaran talking stick, yang diketahui dari uji t sebesar 0,195 < 2,000 dan nilai N-Gain persen model quantum teaching sebesar 59,50 (kategori cukup efektif) dan kelas yang menerapkan model talking stick sebesar 57,62 (kategori cukup efektif).
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingih, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Su'ad, M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar IPS, Quantum Teaching,Talking Stick |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Sep 2021 22:28 |
Last Modified: | 26 Sep 2021 22:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14899 |
Actions (login required)
View Item |