Pengaruh model pembelajaran quantum teaching dan talking stick terhadap hasil belajar ips peserta didik sekolah dasar di kecamatan demak

MASROKHAH, MASROKHAH (2021) Pengaruh model pembelajaran quantum teaching dan talking stick terhadap hasil belajar ips peserta didik sekolah dasar di kecamatan demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BABI.pdf - Accepted Version

Download (459kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BABII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BABIII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BABIV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BABV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (458kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS peserta didik kelas V SD di Kecamatan Demak, (2) pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS peserta didik kelas V SD di Kecamatan Demak,dan (3) perbedaan pengaruh model pembelajaran quantum teaching dan talking stick terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS peserta didik kelas V SD di Kecamatan Demak. Metode penelitian menggunakan quasi experimental design, dengan populasi seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Demak dari 55 SD dengan jumlah 1.627 peserta didik. Adapun sampel penelitian adalah peserta didik kelas VA SD Bintoro 5 (35 peserta didik) dan kelas VB SD Bintoro 5 (34 peserta didik), sebagai kelas eksperimen. Sebagai kelas kontrol adalah siswa kelas V SD Bintoro 2 dengan jumlah 41 peserta didik Teknik sampling menggunakan purposive random sampling. Rancangan analisis data menggunakan uji-t, dengan terlebih dahulu dilakukan deskripsi data, uji kesamaan rata-rata, dan uji persyaratan analisis (uji normalitas, dan uji homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS, yang ditunjukkan dari hasil uji t sebesar 3,446 > 2,000 dan uji N-gain persen sebesar 59,50 dalam kategori cukup efektif; (2) Penggunaan model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS, yang diindikasikan dari perolehan uji t sebesar 3,252 > 2,000 dan uji N-gain persen sebesar 57,62, dalam kategori cukup efektif; dan (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Tema 5 pada muatan pelajaran IPS, antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan model pembelajaran talking stick, yang diketahui dari uji t sebesar 0,195 < 2,000 dan nilai N-Gain persen model quantum teaching sebesar 59,50 (kategori cukup efektif) dan kelas yang menerapkan model talking stick sebesar 57,62 (kategori cukup efektif).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingih, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Su'ad, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Quantum Teaching,Talking Stick
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Sep 2021 22:28
Last Modified: 26 Sep 2021 22:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14899

Actions (login required)

View Item View Item