Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar

MASRIAH, MASRIAH (2021) Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan discovery learning terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BABI.pdf - Accepted Version

Download (496kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BABII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BABIII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BABIV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BABV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (503kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Matematika; (2) pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika; dan (3) perbedaan pengaruh hasil belajar Matematika materi Pecahan, terhadap model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning pada siswa SD`di Kecamatan Demak. Metode penelitian menggunakan quasi experimental design, dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD se-kecamatan Demak dari 53 SD yang berjumlah 1.661 siswa. Adapun sampel penelitian siswa kelas IV SD Kadilangu 1 Kabupaten Demak berjumlah 34 peserta didik dan SDN Bintoro 9 berjumlah 35 sebagai kelas eksperimen. Sedangkan siswa kelas IV SD Kadilangu 2 dengan jumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi,dan wawancara. Rancangan analisis data menggunakan uji-t, dengan terlebih dahulu dilakukan deskripsi data, uji kesamaan rata-rata, dan uji persyaratan analisis (uji normalitas, dan uji homogenitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran problem based learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar Matematika yang diketahui dari uji t sebesar 2,199 > 2,000 dan uji N-gain persen sebesar 61,73 (cukup efektif).; (2) Penggunaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh positip terhadap hasil belajar Matematika yang ditunjukkan dari uji t sebesar 2,933 > 2,000 dan uji N-gain persen sebesar 58,96 (cukup efektif); dan (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem based learning dengan discovery learning, yang ditunjukkan dari uji t sebesar 0,199 < 2,000 dan nilai N-Gain persen 61,73 dan 58,96 (cukup efektif). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD di Kecamatan Demak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingih, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Slamet Utomo, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Problem Based Learning, Discovery Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Sep 2021 22:40
Last Modified: 26 Sep 2021 22:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14901

Actions (login required)

View Item View Item