Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self management di pondok pesantren al Ishlah al’ishom mayong jepara

Khoirul Wafa, M. (2021) Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self management di pondok pesantren al Ishlah al’ishom mayong jepara. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (588kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (228kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Tanggung jawab belajar adalah kewajiban untuk menyelesaikan tugas yang telah diterimanya dengan ikhlas melalui usaha yang maksimal serta berani menanggung segala akibat dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat meningkatkan tanggung jawab belajar santri Pondok Pesantren Al-ishom , 2. Diperoleh meningkatkan tanggung jawab belajar terhadap santri melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management pada Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subjek yang diteliti adalah santri Pondok Pesantren Al-Ishom Mayong Jepara, sebanyak 5 santri yang mempunyai kurangnya tanggung jawab belajar Hasil penelitian diketahui perilaku kurangnya tanggung jawab belajar santri pada pra siklus memperoleh skor rata-rata Hal ini terbukti dari hasil pra siklus diperoleh rata-rata 31 dengan kategori sangat kurang. Sedangkan siklus I memperoleh skor rata-rata 50 dengan kategori kurang. Pada siklus II siklus kedua memperoleh skor 84 dengan kategori sangat baik. Sehingga mengalami peningkatan 34 skor dari pra siklus ke siklus II Layanan bimbingan kelompok teknik self management dapat meningkatkan pada santri Pondok Pesantren Al-Ishom Mayong. Hal ini terbukti setelah diberi layanan bimbingan kelompok teknik self management siklus I memperoleh skor penilaian terhadap peneliti sebesar 50 dengan kategori kurang, dan pada siklus II diperoleh skor penilaian terhadap peneliti sebesar 84 dengan kategori sangat baik. Jadi, kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management yang dilakukan peneliti meningkat sebanyak 34 skor dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 ;Nur Mahardika, S.Pd., M.Pd pembimbing 2 :Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd
Kata Kunci: Meningkatan Tanggung Jawab Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Sep 2021 19:01
Last Modified: 27 Sep 2021 19:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14909

Actions (login required)

View Item View Item