Penerapan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi kejenuhan pembelajaran daring pada siswa smk nurul mushthofa demak

Maflachah, Municha Rossa (2021) Penerapan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi kejenuhan pembelajaran daring pada siswa smk nurul mushthofa demak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (284kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kejenuhan pembelajaran daring. 2) untuk mengatasi kejenuhan pembelajaran daring siswa dengan menerapkan layanan konseling pada pendekatan behavioristik dengan teknik self management pada dua siswa SMK Nurul Mushthofa Demak. Kejenuhan pembelajaran daring merupakan keadaan bosan atau letih yang amat sangat dirasakan oleh siswa dalam pembelajaran jarak jauh atau online yang mana menggunakan alat komunikasi yang berupa handphone atau laptop dengan menggunkan aplikasi tertentu. Untuk mengatasi kejenuhan pembelajaran daring siswa, peneliti menggunakan konseling behavioristik yang mana bertujuan untuk merubah prilaku siswa yang maladaptive menjadi adaptif dan siswa diharapkan mampu memberikan perubahan nyata dalam perilaku konseli. Dengan menggunakan konseling behavioristik, implemetasi teknik yang digunakan peneliti yaitu dengan teknik self management yang bertujuan untuk membantu mengatasi siswa yang mengalami kejenuhan pembelajaran daring dan diharapkan siswa dapat mengelola diri serta dapat mengubah tingkah laku yang sesuai dengan yang diharapkan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu PAS dan IS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah: 1) wawancara, 2) Observasi,3) Dokumentasi. Peneliti menggunakan purposive sampling sebagai pengambilan sampel untuk subjek penelitian dua siswa yang memiliki masalah dalam kejenuhan pembelajaran daring. Hasil penelitian ini bahwa proses konseling di SMK Nurul Mushthofa Demak sudah mampu mengubah perilakunya yang maladaptif menjadi adaptif sehingga konseli berkeinginan mencoba mempertahankan dan terus melakukan perubahan yang lebih baik yakni rajin dan semangat dalam belajar, siswa dapat berkonsentrasi dengan baik, dapat mengerjakan tugas yang diberikan guru, siswa dapat mengikuti pembelajaran daring, siswa merasa nyaman dengan pembelajaran daring serta dapat mengungapkan pendapat saat pembelajaran daring. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling behavioristik dengan teknik self management dalam mengatasi masalah kejenuhan pembelajaran daring dikatakan sangat efektif. Dalam hal ini peneliti berharap agar siswa dapat mempertahankan perilaku yang diubahnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr.Santoso, M.Pd. Pembimbing 2 Dra.Sumarwiyah, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Konseling Behavioristik, Teknik Self Management, Kejenuhan Pembelajaran daring.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Sep 2021 22:40
Last Modified: 27 Sep 2021 22:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14946

Actions (login required)

View Item View Item