Penerapan konseling behavioristik dengan teknik modeling simbolik untuk mengatasi anak yang tidak menghargai guru les di desa wonoketingal karanganyar demak

IMAWATI, LINDA (2021) Penerapan konseling behavioristik dengan teknik modeling simbolik untuk mengatasi anak yang tidak menghargai guru les di desa wonoketingal karanganyar demak. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (634kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (207kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (183kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1.mengetahui factor-faktor penyebab perilaku anak yang tidak menghargai guru les didesa wonoketingal karanganyar demak, 2. Mendiskripsikan penerapan konseling behavioristic dengan teknik modeling pada anak les didesa wonoketingal karanganyar demak. Perilaku tidak menghargai guru merupakan salah satu sikap yang harus dihilangkan dalam diri sebagai anak harus mempunyai sifat saling menghormati agar terbiasa dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan konseli ng behavioristic dengan teknik modeling simbolik adalah upaya pemberian bantuan anak untuk mengubah perilaku konseli agar dapat memecahkan masalahnya yaitu menghargai guru les dengan menggunakan model yang akan disajikan melalui bahan-bahan tertulis, (gambar, buku, komik) film, audio dan video. Beberapa model yang ada pada proses konseling tersebut diharapkan dapat memudahkan anak untuk mengaplikasikan dan mencontoh untuk kehidupan dalam kesehariannya sebagai anak harus dapat menghargai guru baik dilingkungan sekolah maupun dimasyarakat. Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus yang dilaksanakan ditempat Majlis Ta’lim Alhusna Sedangkan subjek penelitian ini ada 3 klien yaitu PWR anak SMP,RMA dan JN anak SMA yang mempunyai masalah tidak menghargai guru, kegiatan ini berlangsung tiga kali pertemuan. Hasil dari penelitian ini bahwa proses konseling ditempat belajar les didesa wonoketingal karanganyar demak, sudah mampu mengubah tingkah lakunya dengan baik sehingga konseli mencoba mempertahankan dan melakukan kebiasaan kesehariannya dengan beretika sopan santun terhadap guru, mendengarkan guru saat guru sedang menjelaskan ke teman yang lain, tidak mengobrol sendiri, bertambahnya semangat dalam belajar, tidak main handphone dan tidak membawa handphone saat belajar les, bahwa konseling yang dilakukan ini menggunkaan teknik modeling sehingga mengubah tingkah lakunya dengan baik sesuai dengan keinginan yang diharapkan. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling behavioristik teknik modeling untuk mengatasi anak yang tidak menghargai guru les dapat merubah sikap dan perilakunya dengan baik dari yang sebelumnya. Maka penelitian ini sebagai peneliti mengharapkan untuk anak les dapat mempertahankan sikap dan perilakunya dengan baik untuk menghargai guru les.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Sucipto M.Pd, Kons., Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Behavioristik dengan Teknik Modeling Simbolik. Mengatasi Anak yang tidak menghargai guru les.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Sep 2021 22:54
Last Modified: 27 Sep 2021 22:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14950

Actions (login required)

View Item View Item