Pengembangan bahan ajar ipa terpadu Berbasis higher order thinking skills Pada tema selamatkan makhluk hidup di kelas vi sekolah dasar

HARTIK, SRI (2021) Pengembangan bahan ajar ipa terpadu Berbasis higher order thinking skills Pada tema selamatkan makhluk hidup di kelas vi sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (987kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (275kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (354kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan bahan ajar IPA terpadu pada tema Selamatkan Makhluk Hidup, mendesain bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup, menganalisis efektivitas pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall dalam Nana Syaodih Sukmadinata. Hasil penelitian menunjukkan dibutuhkannya pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup di kelas VI Sekolah Dasar. Desain bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills telah memenuhi fungsinya yaitu untuk mengarahkan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran dan memenuhi kompetensi yang harus dikuasai siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi bahan ajar yang meliputi aspek kelayakan isi 86,25%, aspek kelayakan penyajian 90,00%, aspek penilaian bahasa memperoleh penilaian 93,18% dan aspek penilaian higher order thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam memperoleh penilaian 83,92% dengan kriteria sangat valid. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,68. Berdasarkan perhitungan mean bahwa rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada mean postes kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar higher order thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas eksperimen lebih meningkat bila dibandingkan dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelas kontrol.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Hilal Madjdi, M.Pd
Kata Kunci: Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan bahan ajar IPA terpadu pada tema Selamatkan Makhluk Hidup, mendesain bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup, menganalisis efektivitas pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall dalam Nana Syaodih Sukmadinata. Hasil penelitian menunjukkan dibutuhkannya pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup di kelas VI Sekolah Dasar. Desain bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills telah memenuhi fungsinya yaitu untuk mengarahkan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran dan memenuhi kompetensi yang harus dikuasai siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi bahan ajar yang meliputi aspek kelayakan isi 86,25%, aspek kelayakan penyajian 90,00%, aspek penilaian bahasa memperoleh penilaian 93,18% dan aspek penilaian higher order thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam memperoleh penilaian 83,92% dengan kriteria sangat valid. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,68. Berdasarkan perhitungan mean bahwa rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada mean postes kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar higher order thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas eksperimen lebih meningkat bila dibandingkan dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelas kontrol.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 19:19
Last Modified: 28 Sep 2021 19:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14957

Actions (login required)

View Item View Item