HARTIK, SRI (2021) Pengembangan bahan ajar ipa terpadu Berbasis higher order thinking skills Pada tema selamatkan makhluk hidup di kelas vi sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version Download (987kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (275kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (789kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (354kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan bahan ajar IPA terpadu pada tema Selamatkan Makhluk Hidup, mendesain bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup, menganalisis efektivitas pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall dalam Nana Syaodih Sukmadinata. Hasil penelitian menunjukkan dibutuhkannya pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup di kelas VI Sekolah Dasar. Desain bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills telah memenuhi fungsinya yaitu untuk mengarahkan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran dan memenuhi kompetensi yang harus dikuasai siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi bahan ajar yang meliputi aspek kelayakan isi 86,25%, aspek kelayakan penyajian 90,00%, aspek penilaian bahasa memperoleh penilaian 93,18% dan aspek penilaian higher order thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam memperoleh penilaian 83,92% dengan kriteria sangat valid. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,68. Berdasarkan perhitungan mean bahwa rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada mean postes kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar higher order thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas eksperimen lebih meningkat bila dibandingkan dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelas kontrol.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Hilal Madjdi, M.Pd |
Kata Kunci: | Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan bahan ajar IPA terpadu pada tema Selamatkan Makhluk Hidup, mendesain bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup, menganalisis efektivitas pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall dalam Nana Syaodih Sukmadinata. Hasil penelitian menunjukkan dibutuhkannya pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills pada tema Selamatkan Makhluk Hidup di kelas VI Sekolah Dasar. Desain bahan ajar IPA terpadu berbasis higher order thinking skills telah memenuhi fungsinya yaitu untuk mengarahkan kegiatan siswa dalam proses pembelajaran dan memenuhi kompetensi yang harus dikuasai siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi bahan ajar yang meliputi aspek kelayakan isi 86,25%, aspek kelayakan penyajian 90,00%, aspek penilaian bahasa memperoleh penilaian 93,18% dan aspek penilaian higher order thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam memperoleh penilaian 83,92% dengan kriteria sangat valid. Keefektifan bahan ajar ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 4,68. Berdasarkan perhitungan mean bahwa rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi daripada mean postes kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar higher order thinking skills Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas eksperimen lebih meningkat bila dibandingkan dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa pada kelas kontrol. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 19:19 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 19:19 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14957 |
Actions (login required)
View Item |