Nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat sendang widodari di kabupaten kudus untuk pendidikan anak sekolah dasar

AHMADI, MAHMUD (2021) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat sendang widodari di kabupaten kudus untuk pendidikan anak sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (404kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (100kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (156kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Cerita rakyat Sendang Widodari semakin hari semakin kurang diperhatikan keberadaannya dan banyak masyarakat yang lupa dan tidak menegerti cerita secara jauh dan mendalam. Apalagi saat siswa ditanya mengenai cerita rakyat banyak yang kurang mengerti asal-usul ceritanya, banyak masyrakat lebih menyukai smartphone dibandingkan dengan keanekaragaman cerita rakyat didaerahnya. Salah satu bentuk pengaruh smartphone pada saat ini adalah anak-anak lebih menyukai bermain game di smartphone mereka dibandungkan dengan keanekaragaman yang dimiliki oleh daerahnya salah satu contoh yaitu tentang keanekaragaman cerita rakyat yang berada diderahnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus dan untuk mengetahui bentuk penerapan-penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari untuk pendidikan anak sekolah dasar. Cerita rakyat adalah warisan budaya nasional yang memiliki nilai-nilai yang bisa diambil dan diterapkan dimasa kini dan masa yang akan datang. Penyebaran cerita rakyat melalui mulut ke mulut. Salah satunya yaitu nilai karakter. Karakter merupakan sebuah pola, baik itu pikiran, sikap, akhlak, tingkah laku, watak, maupun tindakan yang ada dan melekat pada diri sesorang yang sulit dihilangkan. Subjek penelitian ini adalah cerita rakyat Sendang Widodari. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data adalah observasi, observasi yang dilakukan meliputi lokasi, kondisi fisik Sendang Widodari, dan tradisi adus nganten, wawancara, wawancara akan dilakukan kepada beberapa informan diantaranya, juru kunci, tokoh masyarakat dukuh Krajan, masyarakat sekitar Sendang Widodari, masyarakat pendatang, anak sekolah dasar dan Guru, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa cerita rakyat Sendang Widodari ini terdapat 3 nilai karakter yaitu, religius, gotong royong, dan peduli lingkungan dalam cerita rakyat sendang widodari juga terdapat bentuk penerapan nilai karakter dalam cerita rakyat sendang widodari yakni nilai disiplin, nilai jujur, nilai tanggung jawab dan terdapat nilai moral atau pesan yang dapat diterapkan oleh siswa yaitu diantaranya, nilai religius, nilai kerja keras, dan nilai semangat kebangsaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Karakter, Cerita Rakyat, Pendidikan Anak Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 19:25
Last Modified: 28 Sep 2021 19:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14960

Actions (login required)

View Item View Item