Safitri, Nor Laila (2021) Peran pelaksanaan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas v sd n 03 margoyoso. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (755kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (212kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (285kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstrak
Lembaga bimbingan belajar merupakan salah satu pendidikan nonformal yang kehadirannya diharapkan dapat membantu siswa untuk menyesuaikan diri terhadap tuntutan akademis, sosial, dan psikologis. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) mengkaji pelaksanaan bimbingan belajar yang diikuti siswa kelas V SD N 03 Margoyoso, (2) menganalisis hubungan pelaksanaan bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD N 03 Margoyoso. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian akan dilaksanakan disetiap bimbingan belajar yang diikuti siswa kelas V SD N 03 Margoyoso, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara. Objek yang akan dikaji yaitu pola pembelajaran yang dilaksanakan pada bimbingan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD N 03 Margoyoso. Sumber data primer penelitian ini yakni siswa kelas V SD N 03 Margoyoso dan guru pembimbing pada bimbingan belajar yang diikuti siswa kelas V SD N 03 Margoyoso, sedangkan sumber data sekundernya adalah guru kelas V SD N 03 Margoyoso dan orang tua siswa kelas V SD N 03 Margoyoso yang mengikuti bimbingan belajar, serta dokumen maupun hasil pencatatan lainnya. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembinaan dan penguasaan materi guru dalam pelaksanaan bimbingan belajar dapat dikatakan baik, namun sebagian besar guru kurang kreatif dan inovatif dalam memotivasi siswa. Meskipun demikian, pelaksanaan bimbingan belajar mempunyai hubungan dengan motivasi belajar siswa yang baik, hal tersebut dilihat berdasarkan perilaku siswa yang aktif dan terlibat secara langsung dalam pelaksanaan bimbingan belajar. Kesimpulkan penelitian ini yaitu pelaksanaan bimbingan yang diikuti siswa kelas V SD N 03 Margoyoso meliputi perencanaan, dengan memastikan ada atau tidaknya tugas yang dimiliki siswa dari sekolah. Pelaksanaan, yakni pengerjaan tugas, penjelasan materi, tanya jawab, dan kegiatan mengoreksi bersama. Evaluasi, dilaksanakan pada kegiatan inti dan akhir pertemuan melalui tanya jawab dan soal latihan. Tindak lanjut, dengan mengulang kembali penjelasan kepada siswa yang kesulitan belajar, pemberikan latihan soal. Hubungan pelaksanaan bimbingan belajar dengan motivasi belajar siswa baik, karena siswa tekun dalam belajar, ulet ketika menghadapi kesulitan, berminat dan mempunyai ketajaman perhatian saat belajar, berprestasi dalam kegiatan belajar, dan mandiri ketika belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2. Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd., |
Kata Kunci: | Pelaksanaan Bimbingan belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 21:59 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 21:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14961 |
Actions (login required)
View Item |