Penanaman pendidikan karakter religius pada anak usia sd melalui kegiatan keagamaan di rumah bajigur desa kragan kabupaten rembang

NISYA’, NURUL AFIDATUN (2021) Penanaman pendidikan karakter religius pada anak usia sd melalui kegiatan keagamaan di rumah bajigur desa kragan kabupaten rembang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (516kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (391kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTRA PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (301kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan karakter religius yang ada pada diri anak usia SD di Desa Kragan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter religius pada diri anak usia SD di Desa Kragan dan untuk mengetahui faktor penghambat serta pendukung dalam menanamkan pendidikan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di Rumah Bajigur Desa Kragan Kabupaten Rembang. Pendidikan karakter merupakan suatu cara penanaman yang dilakukan seseorang untuk membentuk, membimbing serta mengarahkan perilaku pada peserta didik yang sesuai dengan norma. Kegiatan keagamaan merupakan segala macam aktivitas yang dilakukan oleh seseorang kedalam kehidupan sehari-harinya yang berupa ucapan dan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di Desa Kragan Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang dengan subjek penelitian ketua organisasi kegiatan dan 2 guru, 2 orang tua, 2 masyarakat, dan 5 anak usia SD yang berumur 7 sampai 11 tahun. Teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter religius pada anak usia SD di Desa Kragan melalui kegiatan keagamaan di Rumah Bajigur (Tradisi Ngaji Gembira Unik dan Rutin) dapat tertanam dengan baik pada diri anak, diantaranya anak lebih taat dalam melaksanakan ibadah secara berjamaah, membaca Al-Qur’an, sholawat, dan surat yasin, selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, ikut merayakan hari besar keagamaan, dan saling hidup rukun dengan satu sama lain. Faktor penghambat dalam kegiatan tersebut masih banyak anak yang perlu bimbingan, kurangnya pengawasan dari guru dan orang tua, dan kurang semangat anak dalam mengikuti kegiatan tersebut. Solusi yang dilakukan yakni guru bekerjasama dengan orang tua dan masyarakat, membuat daftar hadir serta memberi pengawasan penuh kepada anak, dan menumbuhkan semangat pada diri anak untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd. Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Pendidikan KarakterReligius, Kegiatan Keagamaan di Rumah Bajigur.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 19:52
Last Modified: 28 Sep 2021 19:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14968

Actions (login required)

View Item View Item