HANDAYANI, REDJEKI (2021) Pengaruh pelatihan dan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi guru di sekolah dasar negeri kecamatan jati kabupaten kudus tahun 2020. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (754kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (227kB) |
|
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (268kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pelatihan dan supervise kepala sekolah pelatihan terhadap kompetensi guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun 2020. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pelatihan dan supervise kepala sekolah terhadap kompetensi guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun 2020 3) Mendeskripsikan tindak lanjut pelatihan dan supervise kepala sekolah terhadap kompetensi guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 315 sampelnya 74, Sedangkan analisis datanya adalah analisis uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun 2020. Hasil pengujian hipotesis 1 menunjukkan bahwa pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru dimana diperoleh nilai t hitung sebesar 2,134 dan probabiliti (sig-t) sebesar 0,002 <0,05, dan t tabel n = 74 sebesar 1,992, maka nilai t hitung > t tabel ( 2,176 > 1,993), 2) Pengaruh supervise kepala sekolah terhadap kompetensi guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun 2020. Hasil pengujian hipotesis 2 menunjukkan bahwa hitung sebesar 2,462 dan probabiliti (sig-t) sebesar 0,002 <0,05, dan t tabel n = 74 sebesar 1,993, maka t hitung > t tabel ( 2,462 > 1,993). 3) Pengaruh pelatihan dan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jati Kabupaten Kudus Tahun 2020. Hasil pengujian ipotesis 3 menunjukkan bahwa nilai F hitung = 6,293 dan probabilitas (Sig-F) sebesar 0,003 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa probabilitas kurang dari taraf signifikansi 5% (p<0,05), dan F tabel sebesar 3,13. Dikarenakan nilai F hitung > F tabel ( 6,293 > 3,13). Penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah sangat penting dalam peningkatan kompetensi guru di sekolah. Oleh sebab itu kepala sekolah harus meningkatkan efektivitas pelaksanaan supervisinya agar kinerja guru lebih meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Sukirman, S.Pd, S.H., MM, Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kompetensi Guru Pelatihan, Supervisi Kepala Sekolah, |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 19:59 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 19:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14970 |
Actions (login required)
View Item |