Pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis media komik dan cerita bergambar android terhadap hasil belajar ipa kelas iv sekolah dasar

SURATMIN, SURATMIN (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis media komik dan cerita bergambar android terhadap hasil belajar ipa kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (360kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (193kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (248kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Dihadapkan pada generasi milenial diera digital, model pembelajaran konvensional yang tidak menarik, cenderung individual dan tidak didukungnya media kekinian menyebabkan peserta didik pasif, kurang kritis, dan tidak kreatif. Maka perlu adanya pembelajaran yang dapat mendorong peningkatan hasil belajar siswa Peneliti mengadakan penelitian untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis media komik terhadap hasil belajar IPA kelas IV sekolah dasar, menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis media cerita bergambar android terhadap hasil belajar IPA kelas IV sekolah dasar, menganalisis perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis media komik dan cerita bergambar android terhadap hasil belajar IPA kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksprimen dengan tehnik penelitian melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 41 Sekolah Dasar Negeri dan 2 Sekolah Dasar Swasta di wilayah Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak dengan data 355 guru dan 6.867 siswa dengan sampel pada siswa kelas IV SD Negeri Mrisen 1, SD Negeri Mojodemak 2, dan SD Negeri Trengguli 3. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis media cerita bergambar android lebih efektif digunakan. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen 2 sebesar 83,45 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 1 yang sebesar 79,04. Selain itu nilai –t hitung kelas eksperimen 2 (kelas dengan media cergam android) sebesar -7,223 < -t tabel sebesar -2,079 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 Berdasarkan penelitian, guru disarankan perlu menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis media komik karena dapat bekerja sama dan menangkap hal hal yang abstrak, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis media cerita bergambar android karena bekerja sama dan menginspirasi dalam berangan-angan serta kekinian, guru lebih efektif menggunakan model pembelajaran kooperatif berbasis cerita bergambar android jika dibandingkan dengan media komik dan konvensional.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Rismiyanto, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: Kooperatif, Komik dan Cerita Bergambar Android, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 20:04
Last Modified: 28 Sep 2021 20:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14972

Actions (login required)

View Item View Item