Persepsi Dan Pendampingan Belajar Anak Oleh Orang Tua Di Masa Pandemi Covid 19

HANDAYANI, DWI (2021) Persepsi Dan Pendampingan Belajar Anak Oleh Orang Tua Di Masa Pandemi Covid 19. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (591kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (267kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (471kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan persepsi orang tua terhadap pelaksanaan pembelajaran dari rumah oleh peserta didik, (2) Menganalisis peran orang tua dalam pendampingan belajar peserta didik, (3) Menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat orang tua dalam pendampingan belajar peserta didik kelas V SDN Tegalarum 1 Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari informan melalui angket, lembar observasi, dan panduan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orang tua terhadap kebijakan pemerintah tentang belajar dari rumah selama pandemi covid-19 adalah sangat baik, agar anak tetap belajar dan sekaligus memutus rantai penularan covid -19. Faktor pendukung pendampingan belajar oleh orang tua terhadap pembelajaran dari rumah (1) Penggunaan WhatsApp sebagai media komunikasi sekaligus media pembelajaran, (2) Peran sekolah dalam memberikan layanan bimbingan dan konsultasi bagi peserta didik dan orang tua. Adapun kendala yang dihadapi orang tua selama pendampingan belajar di rumah (1) HP sering dibawa bekerja sedangkan anak di rumah tidak ada HP, (2) Ada beberapa orang tua yang tidak memiliki HP android, (3) Orang tua banyak yang merasa kesulitan tentang materi pembelajaran pada saat mendampingi anak belajar, (3) Penambahan biaya kuota internet, dan (4) Adanya pekerjaan tambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak belajar selain itu, adanya himbauan orang tua kepada pihak sekolah (guru) agar tidak selalu memberikan tugas, namun juga memberikan materi pelajaran berupa video pembelajaran untuk dikirimkan ke WhatsApp para orang tua.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I: Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd.
Kata Kunci: persepsi orang tua, pendampingan belajar, pandemi covid-19
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Buku-buku acuan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 22:08
Last Modified: 28 Sep 2021 22:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14975

Actions (login required)

View Item View Item