Pengembangan modul seni budaya dan prakarya berbasis contextual teaching and learning pada siswa kelas vi sekolah dasar

Azhar, Mochamad (2021) Pengembangan modul seni budaya dan prakarya berbasis contextual teaching and learning pada siswa kelas vi sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL] Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (691kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (632kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul seni rupa berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan seni budaya dan prakarya pada siswa sekolah dasar, (2) mendeskripsikan kelayakan modul modul seni rupa berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan seni budaya dan prakarya pada siswa sekolah dasar, (3) mendeskripsikan keefektifan modul modul seni rupa berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan seni budaya dan prakarya pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Researh and Depelopment mengacu pada 10 tahapan dari Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 3 tahapan, yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan pembuatan produk, dan pengembangan produk. Pengumpulan Data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan unjuk kerja kemmpuan menggambar. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif, meliputi praktik menggambar, observasi pembelajaran, dan validasi produk modul seni rupa. Analisis produk modul seni rupa berbasis contextual teaching and learning untuk menignkatkan seni budaya dan prakarya di sekolah dasar meliputi 6 tahap. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN Magung 03 dan SDN 04 Cicalengka 10. Hasil pengembangan modul seni rupa berbasis contextual teaching and learning ini berisi tentang panduan pembelajaran seni rupa yang didesain dengan sedemikian menarik dimulai dari apa itu seni rupa ,teori dasar menggambar, pengenalan berbagai macam unsur gambar ,mengaitkan lingkungan sekitar dengan gambar dan berkreatifitas dengan imajinasi. Setelah divalidasi oleh validator memperoleh nilai 87,5 dengan kategori valid. Kemudian modul seni rupa berbasis contextual teaching and learning diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil penghitungan N-gain adalah 0,4 dengan kategori sedang. Uji efektifitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil unjuk kerja kemampuan siswa membuat gambar di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh bahwa thitung adalah 6,9. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa modul seni rupa berbasis contextual teaching and learning dapat digunakan dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya di kelas tinggi. Semoga dapat menginspirasi guru untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing (1) Dr. Santoso, M.Pd., (2) Dr. Murtono, M.Pd.
Kata Kunci: pengembangan, modul pembelajaran, kemampuan menggambar, contextual teaching and learning.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 22:21
Last Modified: 28 Sep 2021 22:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14977

Actions (login required)

View Item View Item