Penerapan konseling behavioristik teknik latihan asertif untuk meningkatkan motivasi belajar

Mubarok, Achmad Roisul (2021) Penerapan konseling behavioristik teknik latihan asertif untuk meningkatkan motivasi belajar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (454kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (137kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Accepted Version

Download (50kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penellitiann ini adalah : 1. untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kenapa anak tersebut timbul malas belajar 2. Mendeskkripsikan penerapan konseling behavioristik dengan teknik Latihan assertif dalam mengatasi anak malas belajar. Tahun pelajaran 2020/2021 Konseling behavioristik adalah suatu pendekatan dalam konseling yang digunakan oleh konselor untuk mengatasi atau merubah perilaku seorang menjadi lebih baik. Konsep dasarnya adalah bahwa tingkah laku manusia itu tertib dan dapat dikendalikan melalui proses belajar. Pendekatan konseling behavioristik dalam penelitian ini di tekankan pada perubahan perilaku melalui hubungan antara konselor dan klien untuk memecahkan masalah malasnya dalama belajar. Dalam penelitian ini, selain menggunakan konseling behavioristik, peneliti menambahkann dengan Teknik Latihan assertif, dengann tujuan agar konseli dapat menjalankan komitmen-komitmen yang telah dibuat dalam contract tersebut. Sehingga tercipta perilaku yang diinginkan Dalam penelitian ini, peneliti menggunakann jenis penelitian kualitatif, Subjek yang digunakan adalah siswa yang terdapat di bimbel, (bimbingan belajar) Smart Education. Yang sering timbul rasa malas belajar sebanyak 3 anak. Di dalam penelitian ini, analisis data yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan kunjungan rumah (home visit) secara mendalam agar mendapat pengumpulan data yang lebih akurat dalam menangani permasalahan sering malasnya belajar. Rendahnya motivasi belajar tergolong perilaku yang bermasalah jika dialami oleh seseorang yang masih berstatus siswa pada suatu sekolahan karena rendahnya motivasi belajar adalah perilaku dimana siswa tidak memiliki semangat untuk belajar, apabila perilaku ini dibiarkan dan dilakukan secara berkelanjutan maka fungsi kognitifnya akan menurun dan siswa tidak memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru ditambah lagi dimasa pandemi seperti ini siswa cenderung dituntut untuk memahami pelajaran secara daring. Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar pada penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa konseling behavioristik teknik latihan asertif dapat digunakan sebagai salah satu alternatif layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar pada konseli yaitu ASSR, SSH, DAM sehingga ketiga konseli yang sebagai siswa tersebut dapat meningkatkan motivasi belajarnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: (1) Drs. Masturi, MM. (2) Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd.
Kata Kunci: Konseling Behavioristik, Teknik latihan assertif, untuk meningkatkan motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 23:22
Last Modified: 28 Sep 2021 23:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14988

Actions (login required)

View Item View Item