Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik fun game untuk mengatasi kurangnya percaya diri untuk menyampaikan pendapat pada siswa kelas x pbs 1 smk tamansiswa kudus

PUTRANTO, RISKI (2021) Penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik fun game untuk mengatasi kurangnya percaya diri untuk menyampaikan pendapat pada siswa kelas x pbs 1 smk tamansiswa kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (724kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (254kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (192kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendiskripsikan percaya diri dalam menyampaikan pendapat dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik Fun Game pada siswa kelas X. 2. Mendiskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Fun Game dalam mengatasi kurangnya percaya diri untuk menyampaikan pendapat pada siswa kelas X PBS 1. Kurangnya percaya diri untuk menyampaikan pendapat memang sering dialami seorang siswa didalam kelas. Siswa kadang kurang berani dalam menyampaikan pendapat, entah masalah dalam kemampuan individu, atau takut salah. Dalam penelitian ini, melalui layanan bimbingan kelompok teknik fun game bertujuan untuk mengatasi kurangnya percaya diri untuk menyampaikan pendapat pada siswa kelas X PBS 1 SMK TAMANSISWA Kudus. Kegiatan Bimbingan kelompok teknik fun game peneliti melaksanakan sesuai dengan prosedur tahapan, dengan kegiatan tahapan langkah-langkah teknik fun game sebagai berikut: a. Menyediakan alat permainan beserta kelengkapanya, b. Fasilitator menjelaskan tujuan permainan dan yang menjdi fasilitator yaitu guru, konselor dan wakil kelas, c. Menentukan permainan memegang peran dan penulis, d. Menjelaskan aturan dalam melaksanakan fun game, e. bermain dan diskusi, f. Menyimpulkan hasil diskusi, g. menutup kegiatan. Dalam penelitian ini, kegiatan teknik fun game diberikan saat tahap kegiatan dalam layanan bimbingan kelompok. Hipotesis dikemukakan bahwa: 1) Percaya diri untuk menyampaikan pendapat dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik fun game pada siswa kelas X PBS 1 SMK TAMANSISWA Kudus 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik fun game pada siswa kelas X PBS 1 SMK TAMANSISWA Kudus dapat meningkatkan kurangnya percaya diri untuk menyampaikan pendapat. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang ditempuh dalam dua siklus. peneliti menentukan hasil purposive sampling berdasarkan pertimbangan dari hasil observasi dan wawancara untuk menentukan subyek penelitian. Tahapan dalam analisis data dapat dijelaskan sebagai berikut: Reduksi data, Paparan data dan Penyimpulan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd. Kons (2) Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Percaya Diri, Fun Game, Bimbingan Kelompok
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 23:38
Last Modified: 28 Sep 2021 23:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14991

Actions (login required)

View Item View Item