MUROD, MAKMUN (2021) Pengembangan bahan ajar matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas vi Sekolah dasar di kabupaten demak. Sarjana thesis, UMK.
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (917kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (435kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (540kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (348kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menganalisis kebutuhan pengembangan bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak, (2) menyusun desain pengembangan bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak; (3) menghasilkan e-modul interaktif berbasis android yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini: 1) analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android menunjukkan bahwa guru dan siswa membutuhkan adanya pengembangan bahan ajar berupa e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, 2) desain pengembangan bahan ajar Metematika e-modul interaktif berbasis android diawali dengan perencanaan, proses, dan evaluasi; yang menghasilkan produk e-Modul Interaktif Lingkaran disingkat dengan e-MIL untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, 3) produk bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android cukup efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar, dengan bukti hasil uji t pada uji terbatas diperoleh nilai t-hitung sebesar 6,340 dan t-tabel 2,0017 maka t-hitung > t-tabel (6,340 > 2,0017); dan uji coba secara luas diperoleh nilai t-hitung sebesar 30,926 sedangkan t-tabel sebesar 1,9765; maka t-hitung > t-tabel (30,926 > 1,9765). Nilai N-gain persen sebesar 54,16 pada uji terbatas dan 66,75 pada uji skala luas dalam katagori cukup efektif, sehingga e-modul interaktif berbasis android cukup efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran pada kelas VI Sekolah Dasar di abupaten Demak.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (I) Dr. Slamet Utomo, M.Pd., (II) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Bahan ajar, Matematika, Lingkaran, e-Modul |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Buku-buku acuan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 23:49 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 23:49 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14992 |
Actions (login required)
View Item |