Nihayati, Isyti (2021) pendidikan karakter disiplin pada santri pondok pesantren salaf terpadu bahjatur rodghibin. Sarjana thesis, UMK.
Text (hal judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (350kB) |
|
Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (325kB) |
|
Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu menganalisa bentuk penerapan karakter disiplin pada santriwati di pondok pesantren salaf terpadu bahjatur roghibiin Kudus, menganalisis implementasi karakter disiplin pada pendidikan salaf di Pondok Pesantren Salaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus, menganalisa faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran salaf pada kegiatan santriwati Pondok Pesantren Salaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus. Karakter disiplin adalah kesadaran yang muncul dari diri batin terdalam pada diri manusia untuk mengikuti dan menaati peraturan-peraturan, nilai-nilai hukum yang berlaku dalam satuan lingkungan yang ditempatinya. Pondok pesantren salaf adalah pendidikan yang mengacu pada pembelajaran kitab kuning yang dikarang oleh ulama terdahulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Salaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibibillitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data Miles dan Huberma yaitu koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian yaitu pendidikan salaf Pondok Pesantren Salaf Terpadu Bahjatur Roghibiin di ajarkan dalam kegiatan sehari-hari seperti mengaji, sholat berjamaah, piket, dziba’an, majlisan. Pendidikan salaf yang ditemuka peneliti adalah pada kegiatan mengaji, kegiatan mengaji mengacu pada kitab kuning dan menggunakan beberapa metode seperti bendongan atau wetonan, hafalan, sorogan dan batsul al-masail digunakan disetiap kegiatan, karakter disiplin dalam kegiatan sehari-hari yaitu bangun pagi, berpakaian sopan dan rapi, memperhatikan pendidik, mengumpulkan tugas tepat waktu,dll. Faktor pendukung dalam proses pembelajaran yaitu tempat yang nyaman, pengeras suara, kipas angin,dll. Faktor penghambat proses pembelajaran selama peneliti melaksanakan observasi tidak ditemukan. Pendidikan Salaf Di Pondok Pesantren Salaf Terpadu Bahjatur Roghibiin menggunakan metode bendongan atau wetonan, sorogan, hafalan dan batsul al-masail yang digunakan di setiap kegiatan mengaji, penanaman kedisiplinan juga terletak dalam kegiatan sehari-hari. faktor pendukung pembelajaran dengan fasilitas yang nyaman dan tidak ditemukan faktor penghambat. Saran pemberian perbaikan pada gerbang depan agar tidak ada air yang masuk ketika hujan sehingga tidak ada kejadian santri jatuh terepleset.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Dr.Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A, pembimbing 2 :Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin, Pondok Pesantren salaf. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 19:19 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 19:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15000 |
Actions (login required)
View Item |