Pengembangan media permainan tradisional berbasis Model visualization auditory kinesthetic untuk Peningkatan keterampilan motorik Siswa kelas iv di sekolah dasar

SARI, DINAR AYU MIRUNGGAN (2021) Pengembangan media permainan tradisional berbasis Model visualization auditory kinesthetic untuk Peningkatan keterampilan motorik Siswa kelas iv di sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (835kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (217kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (152kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media permainan tradisional berbasis model Visualization Auditory Kinesthetic untuk peningkatan keterampilan motorik siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Sugiyono (2017:297) Research and Development (RnD) yaitu metode penelitian yang dipakai untuk mengetahui hasil produk tertentu dan menguji keefektifan dari suatu produk. Permainan tradisional merupakan permainan yang diwariskan oleh para leluhur dengan cara berinteraksi satu sama lain tanpa adanya paksaan dan memiliki aturan main serta di dalamnya terdapat nilai-nilai budaya (kearifan lokal) yang harus dilestarikan. Macam-macam permainan tradisional seperti (1) petak umpet, (2) cublak-cublak suweng, (3) bermain kelereng, (4) bakiak, (5) sunda manda (engklek), (6) mencari jejak, (7) petak benteng, (8) gobak sodor, (9) boy-boyan, dan (10) layang-layang. Permainan tradisional ini berbasis Model Visualization Auditory Kinesthetic. Model Visualization Auditory Kinesthetic adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan tiga gaya belajar yaitu visual (penglihatan), auditori (pendengaran), dan kinesthetik (emosi dan gerak). Keterampilan motorik adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu yang dilakukan dengan cara dikoordinasikan oleh tubuh yang berkaitan dengan perkembangan dan pengendalian gerak tubuh yang melibatkan kerja otot. Penelitian Research and Development (R&D) ini memiliki spesifikasi produk yaitu buku ajar yang berisi media permainan tradisional yang dapat digunakan oleh guru sebagai referensi dalam proses pembelajaran dan video animasi 3D dan media pembelajaran interaktif mengenai cara bermain permainan tradisional yang digunakan untuk mengenal kepada siswa. Hasil dari uji normalitas produk dalam penelitian ini yakni Kolmogorov-Smirnov yakni 0.200 (kelas eksperimen) dan 0.200 (kelas kontrol) berdistribusi normal sedangkan dari Shapiro-Wilk yakni 0.325 (kelas eksperimen) dan 0.215 (kelas kontrol) berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas yakni jika signifikansi > 0.05, maka data distribusi yakni homogen dan jika signifikansi < 0.05, maka data distribusi yakni tidak homogen. Hasil uji homogenitas yakni nilai signifikansi 0.850 adalah data distribusi adalah homogen. Hasil uji banding dua sampel diketahui nilai Sig. (2-failed) sebesar 0.000 yang berarti lebih kecil dari 0.05. Simpulan dari uji beda independent sampel test yakni terdapat perbedaan yang signifikan pada pengembangan media permainan tradisional berbasis model Visualization Auditory Kinesthetic untuk peningkatan keterampilan motorik siswa kelas IV di sekolah dasar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji N-Gain score menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain score pada kelas eksperimen adalah 82.5643 (83%) termasuk kategori efektif dengan nilai N-Gain score minimal 64.10 (64%) dan N-Gain score maksimal 95.17 (95%). Sedangkan rata-rata N-Gain score pada kelas kontrol adalah 38.4533 (38%) termasuk kategori tidak efektif dengan nilai N-Gain score minimal 15.45 (15%) dan maksimal 57.40 (57%). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media permainan berbasis Visualization Auditory Kinesthetic efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik siswa. Sementara penggunaan metode konvensional tidak efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Murtono, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd.
Kata Kunci: Permainan Tradisional, Visualization Auditory Kinesthetic, Keterampilan Motorik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 20:10
Last Modified: 29 Sep 2021 20:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item View Item