JULIANTO, HEHEN (2021) Pengembangan media pop-up book batik lasem Untuk sekolah dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (HAL JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (619kB) |
|
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (423kB) |
|
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (288kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan dan melakukan pengembangan media pop-up book batik Lasem untuk kelas V sekolah dasar. Selain itu juga untuk mengetahui kelayakan media pop-up book batik Lasem untuk kelas V sekolah dasar di Kecamatan Rembang. Metode penelitian ini mengacu pada teori Borg dan Gall, dengan menggunakan tujuh langkah pelaksanaan penelitian yakni penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan penelitian, mengembangkan produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk, dan revisi hasil uji produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif meliputi observasi pembelajaran dan validasi produk media pembelajaran. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V sekolah dasar di Kecamatan Rembang. Desain pengembangan media pop-up book batik Lasem untuk sekolah dasar yang telah dikembangkan peneliti terdiri atas bagian pendahuluan dan isi materi. Pada bagian pendahuluan meliputi prakata, daftar isi, KI, KD dan indikator. Bagian isi materi meliputi sejarah, motif dan makna batik Lasem. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media serta dari hasil respon guru dan siswa. Dari proses validasi ahli materi memperoleh jumlah skor 44 persentase 88% dengan kategori sangat baik. Validasi ahli media memperoleh jumlah skor 68 persentase 91% dengan kategori sangat baik. Untuk hasil respon guru diperoleh skor 710 dan persentase 94,7% dengan kategori sangat baik. Untuk hasil respon siswa diperoleh skor 2231 dan persentase 92,19% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan dikuatkan dengan hasil respon guru dan siswa maka media pop-up book batik Lasem untuk sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Media ini diharapkan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan cara baru dan lebih menarik serta dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dalam belajar karya seni rupa daerah. Media ini juga diharapkan mampu menumbuhkan rasa kecintaan siswa terhadap karya seni daerah khususnya batik Lasem.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing (I) Dr. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd., (II) Dr. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd. |
Kata Kunci: | pengembangan media pembelajaran, pop-up book, batik Lasem |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 20:18 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 20:18 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15006 |
Actions (login required)
View Item |