Peran orang tua terhadap prestasi belajar anak di desa payaman kecamatan mejobo kabupaten kudus

NINGRUM, RIVIA AYU (2021) Peran orang tua terhadap prestasi belajar anak di desa payaman kecamatan mejobo kabupaten kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
1. Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (566kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (186kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (244kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui klasifikasi peran orang tua di Desa Payaman Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus; (2) mengetahui dampak peran orang tua terhadap prestasi belajar di Desa Payaman Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Penelitian ini membahas tentang peran orang tua terhadap prestasi belajar anak. peran orang tua merupakan peran yang dilakukan orang tua dalam memberikan pengaruh positif pada anak. Terdapat lima peran orang tua meliputi memberikan dorongan (memotivasi belajar pada anak), membimbing anak belajar, memberi teladan yang baik pada anak, komunikasi yang lancar pada anak, memenuhi kelengkapan belajar anak. sedangkan prestasi belajar adalah suatu usaha yang didapatkan anak di bidang akademik dengan melakukan sebuah tindakan yang dinyatakan dengan nilai atau sekor dan dapat memberikan kepuasan bagi anak sendiri. Peran orang tua yang tepat akan memotivasi anak untuk giat belajar dan mendapatkan prestasi belajar yang baik. Sejalan dengan pernyataan tersebut penelitian ini akan memperdalam peran orang tua yang diterapkan di Desa Payaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. penelitian ini akan di laksanakan di Desa Payaman Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, dengan mengambil subjek 10 orang tua dan 10 anak sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi peran orang tua terhadap prestasi belajar orang tua ada lima yakni memberikan dorongan berupa memberikan pujian atau memberi hadiah pada anak, kedua membimbing anak belajar yakni berupa mendampingi anak ketika sedang belajar di rumah, ketiga memberikan teladan yang baik kepada anak berupa tidak menyalakan peralatan elektronik, keempat komunikasi yang lancar dengan anak berupa orang tua berupaya menanyai apa aja kesulitan yang sedang dihadapi, kelima memenuhi kelengkapan belajar anak seperti membelikan buku, bolfoin, meja, kursi dll. Dari kelima klasifikasi tersebut mendapatkan orang tua yang melakukan kelima perannya maka dikategorikan sangat berperan, orang tua yang melakukan empat peran maka dikategorikan cukup berperan, sedangkan orang tua yang melakukan dua atau tiga peran dikategorikan kurang berperan. Selain itu dampak peran orang tua ada dua yakni berdampak baik dan berdampak tidak baik. Orang tua yang melaksanakan sepenuhnya perannya berdampak pada prestasi belajar anak yang baik. Sedangkan peran orang tua yang dilaksanakan orang tua hanya sebagian berdapak pada prestasi belajar anak yang kurang maksimal. Kesimpulan pada penelitian ini peran orang tua sangat berperan terhadap prestasi belajar anak. Maka dari itu orang tua hendaknya dapat menerapkan kelima peran orang tua agar anak giat dan termotivasi dalam belajarnya. Sehingga prestasi yang didapatkan anak menjadi maksimal. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu orang tua hendaknya lebih memperhatikan pendidikan anaknya dengan cara memberikan dorongan kepada anak agar terus belajar dan dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. (2) Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Peran Orang Tua dan Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Buku-buku acuan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 21:03
Last Modified: 29 Sep 2021 21:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15012

Actions (login required)

View Item View Item