Pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak di masa pandemi covid 19 siswa sekolah dasar di desa sumbermulyo kecamatan winong kabupaten pati

PAMUNGKAS, TRI FONE (2021) Pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak di masa pandemi covid 19 siswa sekolah dasar di desa sumbermulyo kecamatan winong kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (849kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (318kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (211kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis motivasi belajar anak di masa pandemi covid 19 siswa sekolah dasar di Desa Sumbermulyo (2) mengetahui pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak di masa pandemi covid 19 siswa sekolah dasar di Desa Sumbermulyo (3) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar anak di masa pandemi covid 19 siswa sekolah dasar di Desa Sumbermulyo. Penelitian ini difokuskan pada pola asuh orang tua dan motivasi belajar anak di masa pandemi covid 19 siswa sekolah dasar di Desa Sumbermulyo Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Pola asuh orang tua adalah interaksi orang tua dengan anaknya melalui proses mendidik serta membimbing untuk mencapai kearah yang lebih baik. Terdapat tiga jenis pola asuh meliputi pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif. Motivasi belajar adalah keadaan yang mendorong seseorang untuk belajar dan melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian dilaksanakan di Desa Sumbermulyo Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Subjek penelitian terdiri dari siswa, orang tua siswa dan guru. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, pencatatan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa dalam memberikan bentuk pengasuhan orang tua siswa SDN Sumbermulyo 01 menggunakan bentuk pengasuhan demokratis. Bentuk pengasuhan demokratis mampu memberikan dorongan terhadap motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa dapat dipengaruhi dari dalam diri anak sendiri dan dari luar diri siswa yang meliputi kondisi jasmani dan rohani serta faktor dari luar yaitu pola asuh orang tua, kondisi lingkungan dan teman sebaya. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan mampu memberikan pengasuhan yang positif menggunakan pola asuh demokratis agar terjadinya komunikasi orang tua dengan anak yang harmonis dam memberikan bimbingan penuh pengertian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Oktavianti, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing 2 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Pandemi Covid 19, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 21:39
Last Modified: 29 Sep 2021 21:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15015

Actions (login required)

View Item View Item