Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray selama pandemi covid -19 berbantuan kertas surat misterius pada kelas iv tema 7 indahnya keragaman negriku di sd 1 purwosari

Rizkia, Nisa Qanita (2021) Peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray selama pandemi covid -19 berbantuan kertas surat misterius pada kelas iv tema 7 indahnya keragaman negriku di sd 1 purwosari. Sarjana thesis, UMK.

[img] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (632kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (243kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (134kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru melalui bantuan media kertas surat misterius dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Kelas IV pada tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku di SD 1 Purwosari. Aktivitas belajar merupakan faktor penting dalam kegiatan belajar mengajar agar terciptanya kegiatan pembelajaranyang dinamis. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang dimana dilakukan para siswa pada saat selama proses pembelajaran berlangsung yang membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkatan usia peserta didik. Model pembelajaran Two Stay Two Stray merupakan sebuah sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar peserta didik dapat saling untuk bekerja sama, saling membantu memecahkan masalah secara bersama, bertanggung jawab, dan dapat saling mendorong satu siswa dengan yang lainnya. Model pembelajaran ini juga dapat melatih seorang siswa untuk melakukan kegiatan bersosialisasi dengan baik bersama teman temannya. Media Kertas surat misterius merupakan sebuah media yang digunakan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. Sebuah media sangat menarik digunakan pada saat proses pembelajaran di rumah karena gabungan antara media dan sebuah pembelajaran ini mampu menumbuhkan motivasi dan menarik minat siswa untuk ikut dan aktif terlibat dalam proses pembelajaran di kelas. Tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku dan subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku dilakukan pada pembelajaran ke 1, 2, 3, dan 4 dengan muatan Bahasa Indonesia dan IPS. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengajar pada subtema 1 muatan IPS dan Bahasa Indonesia dengan berbantuan media kertas surat misterius menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray diduga akan meningkat. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Purwosari dengan subjek 32 siswa. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Two Stay Two Stray berrbantuan media kertas surat misterius. Sedangkan variabel terikat adalah aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru rata – rata siklus I memperoleh persentase skor sebesar 69.5% dengan kriteria cukup. Serta siklus II memperoleh persentase skor sebesar 84% dengan kriteria baik. Aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan I menunjukan hasil rata-rata klasikal siswa kelas IV di SD 1 Purwosari adalah 72,39 dengan kriteria cukup dengan jumlah siswa yang tidak tuntas ada yang 13 dan 19 siswa tuntas. Kemudian meningkat pada pertemuan II diperoleh rata-rata klasikal 73,72 dengan kriteria cukup. Siswa tuntas sebanyak 20 siswa dan 12 siswa yang tidak tuntas. Sehingga dari kedua nilai rata-rata klasikal yang diperoleh dari pertemuan I dan pertemuan II adalah 73,05 dengan kriteria cukup. Pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai 74,62 dengan kriteria cukup dengan 20 siswa tuntas dan 12 siswa tidak tuntas. Kemudian meningkat pada pertemuan II diperoleh rata-rata klasikal 75,41 dengan kriteria cukup, dengan 11 siswa tidak tuntas dan 21 siswa tuntas. Selanjutnya untuk seluruh pertemuan di siklus I dan siklus II selalu menunjukan peningatan. Hasil tersebut ditunjukan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dengan nilai rata-rata klasikal 73,05dengan kriteria cukup di siklus I menjadi 75,01 di siklus II dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 1 purwosari bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Selama Pandemi Covid-19 berbantuan Surat Kertas Misterius dapat menngkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD 1 Purwosari Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M. A. Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Media Kertas Surat Misterius, Two Stay Two Stray, Tema 7 (Indahnya Keberagaman di Negeriku)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 21:49
Last Modified: 29 Sep 2021 21:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item View Item