Identifikasi tidak optimalnya pelayanan prima terhadap pasien peserta badan penyelenggara jaminan sosian (bpjs) (kajian di puskesmas tahunan kabupaten jepara)

HARIYANTO, TOTOK (2021) Identifikasi tidak optimalnya pelayanan prima terhadap pasien peserta badan penyelenggara jaminan sosian (bpjs) (kajian di puskesmas tahunan kabupaten jepara). Master thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
hal depan.pdf - Published Version

Download (212kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV fix.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB)

Abstrak

Penelitian yang berjudul IDENTIFIKASI TIDAK OPTIMALNYA PELAYANAN PRIMA TERHADAP PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAN (BPJS) (KAJIAN DI PUSKESMAS TAHUNAN KABUPATEN JEPARA) bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penyebab layanan terhadap pasiena pesertaa badana penyelanggaraajaminanasosial (BPJS) belum optimal dan cara untuk mewujudkan layanan prima terhadap pasien pesertaapesertaabadan penyelanggara jaminan sosial (BPJS) di Puskesmas Tahunan Kabupaten Jepara. Metode dalam penulisan tesis ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, yang artinya penelitian ini dikaji dengan melihat penemuan fakta-fakta di lapangan yang dijadikan dasar oleh penulis sebagai data yang diperoleh dari lapangan (non doktrinal) sesuai dengan kenyataan yang ada, penulisan ini bersifat deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penyebab layanan pasien pesertaabadan penyelanggara jaminanasosial (BPJS) belum optimal Di Puskesmas Tahunan Kabupaten Jepara dikarenakan dua faktor, yaitu hambatan dari luar Puskesmas berupa : kurangnya kesadaran masyarakat akan administrasi kependudukan di PUSKESMAS dan Ketidakpatuhan masyarakat akan peraturan di PUSKESMAS, jam pelayanan kurang dan kurangnya pendekatan yang dilakukan pihak PUSKESMAS kepada pasien. Hambatan yang datang dari dalam berupa : kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya jumlah tenaga pelaksana pelayanan kesehatan, rendahnya sumber daya manusia dan adanya gangguan peralatan. Upaya optimalisasi pelayanan di Puskesmas Tahunan Jepara dapat dilakukan dengan cara :peningkatan kualitas SDM, peningkatan sarana dan prasarana, penambahan personil/ petugas Puskesmas Tahunan Jepara, menerapkan 5 (lima) S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dalam pelayanan. Optimalisasi pelayanan publik dapat terwujud apabila keempat langkah di atas dapat terpenuhi. Dengan pelayanan publik yang baik khususnya pelayanan kesehatan maka akan terbentuk good government.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Hidayatullah, S.H., M.Hum.
Kata Kunci: Pelayanan Publik, BPJS, Puskesmas.
Subjects: Hukum
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 21:56
Last Modified: 29 Sep 2021 21:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item View Item