Analisis pembelajaran daring ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar

ALFARIMBA, RIZKA (2021) Analisis pembelajaran daring ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (659kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (219kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (133kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar desa Gondosari, dengan rumusan masalah penerapan pembelajaran daring oleh guru untuk memotivasi siswa selama belajar daring dan motivasi belajar siswa SD di desa Gondosari dalam mengikuti pembelajaran daring. Penelitian ini membahas tentang motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring. Motivasi belajar merupakan pendorong siswa untuk melakukan kegiatan belajar dengan sepenuh hati. Motivasi belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor dari diri siswa itu sendiri (internal) dan faktor dari luar (eksternal) meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Sedangkan pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu pembelajaran dengan bantuan jaringan internet sehingga pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. sejalan dengan pernyataan tersebut, penelitian ini telah menganalisa bagaimana motivasi belajar yang dialami siswa selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai pelaksanaan kegiatan penelitian. Penelitian ini telah dilakukan di desa Gondosari, kecamatan Gebog, khususnya di SD 7 Gondosari Kabupaten Kudus dengan mengambil subjek siswa dan guru. Pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam memberikan pembelajaran secara daring berusaha memberikan inovasi pembelajaran yang menarik agar siswa termotivasi dalam belajar. Memberikan apresiasi dengan memberi nilai pada setiap tugas yang diberikan juga sebagai upaya guru kelas V SD 7 Gondosari untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. motivasi belajar siswa selama daring dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Sedangkan siswa yang memiliki motivasi rendah merasakan bosan dan keinginan untuk belajar daring rendah hal ini juga dipengaruhi dari kurangnya pendampingan dari kelaurga selain itu, kurangnya sarana prasarana pendukung pembelajaran daring menjadikan anak kurang semangat dalam belajar. Pembelajaran daring mengharuskan guru membrikan inovasi untuk menjadikan pemebalajaran lebih menarik bagi siswa dan mengurangi rasa bosan yang dialami oleh siswa. Keluarga terutama orangtua sudah sepatutnya berperan penting dalam memberikan motivasi untuk anak tetap semangat belajar dan memberikan saran prasarana yang memadai bagi anak belajar selama daring.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardiyanti, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Khamdun, M.Pd.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring, dan Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 21:57
Last Modified: 29 Sep 2021 21:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15018

Actions (login required)

View Item View Item