Analisis dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa sd 2 lambangan

MAULA, ANA SOFIATUL (2021) Analisis dampak pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa sd 2 lambangan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (484kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (308kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (426kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring yang diterapkan oleh pemerintah terhadap hasil belajar siswa kelas 4 SD 2 Lambangan, Pembelajaran daring merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Dengan pembelajaran daring siswa memiliki keleluasaan waktu belajar, dapat belajar kapanpun dan dimanapun. Untuk bisa terhubung ke dalam forum belajar mengajar via daring dibutuhkan bantuan akses internet sebagai penghubung antar perangkat yang digunakan oleh siswa dan pendidik untuk mengeksporasi. Media daring dirasa sangat efektif sebagai langkah solutif untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan. Guru tinggal memberikan soal yang nantinya dikirim melalui ponsel ataupun laptop peserta didik atau orang tua. Kemudian peserta didik tinggal megerjakan tugas dari guru. Hasil pekerjaan atau tugas tersebut dikirim kembali kepada guru melalui WA, aplikasi, atau dikumpulkan pada saat masuk sekolah. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif yang dilaksanakan di kelas IV SD 2 Lambangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring adalah langkah yang efektif pada masa pandemi namun banyak keluhan yang dirasakan orang tua yaitu, penambahan biaya kuota, kurangnya pemahaman tentang teknologi. Guru juga belum maksimal dalam melakukan pembelajaran daring. Hal ini membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru. Hasil belajar yang diperoleh rata-rata di atas KKM dan dinyatakan tuntas. “AES” adalah siswa yang nilainya tinggi hal ini karena dia rajin dan disiplin dalam melakukan pembelajaran daring, “ABU” adalah siswa yang hasil belajarnya sedang, dikarenakan kurang maksimal dalam pembelajaran daring. “MNH” adalah siswa yang hasil belajarnya rendah dikarenakan kurang aktif (tidak berani bertanya) dan kurang maksimal dalam pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Khamdun, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Dampak pembelajaran daring, hasil belajar, siswa sekolah dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 22:16
Last Modified: 29 Sep 2021 22:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15020

Actions (login required)

View Item View Item