Analisis dampak penggunaan game online Terhadap kemampuan berkomunikasi anak

Asmiati, Lusi (2021) Analisis dampak penggunaan game online Terhadap kemampuan berkomunikasi anak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (647kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (354kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (348kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Game online merupakan sebuah tren hobi baru bagi kalangan muda dan dewasa pada jaman modern saat ini. Interaksi siswa yang sering bermain game online mempengaruhi kemampuan interaksi dalam berkomunikasi dengan orang-orang diluar permainan game online pun menjadi berbeda. Bahkan terdapat anak yang sangat susah diajak interaksi atau berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui latar belakang anak-anak dalam bermain game online; dan (2) mengetahui dampak dari penggunaan game online terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak. Komunikasi akan ada selama interaksi sosial berlangsung. Setiap manusia tentunya akan menggunakan komunikasi sebagai sarana dalam berinteraksi sosial. Beberapa orang terkadang mengalami gangguan dalam berkomunikasi dengan faktor gangguan yang berbeda-beda Salah satu orang yang mengalami gangguan komunikasi dalam berinteraksi yaitu anak yang telah kecanduan game online. Anak yang telah kecanduan game online akan merasa sulit berkomunikasi apalagi jika yang dibicarakan tidak ada kaitannya dengan game yang dimainkannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripstif. Data dalam penlitian ini adalah; 1) person (orang) yaitu siswa kelas IV di desa Pagendisan Dukuh Kampung Metu Pati Jawa Tengah; 2) paper (kertas) yaitu data berasal dari angket, wawancara, dan observasi; dan 3) place (tempat) yaitu tempat berlangsungnya kegiatan yang berhubungan dengan penelitian ini adalah desa Pagendisan Dukuh Kampung Metu Pati Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan instrumen penelitiannya berupa pedoman wawancara, angket dengan instrumen penelitiannya berupa pedoman angket, observasi dengan instrumen penelitiannya berupa pedoman observasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak penggunaan game online terhadap kemampuan komunikasi anak memiliki dampak positif dan dampak negatif.Dampak positif karena karena anak mampu mengontrol diri terhadap game online dan menjadikan game online sebagai sumber belajar bahasa lain pula. Sedangkan dampak negatif dapat timbul karena anak sudah kecanduan game online sehingga interaksi dengan orang lain sangat kurang. Kesimpulannya adalah penggunaan game online memiliki dampak positif dan dampak negatif terhadap kemampuan komunikasi verbal dan nonvrbal anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd.,M.Pd. Pembimbing 2 Much Arsyad Fardani, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Dampak, Game Online, Kemampuan Komunikasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 22:21
Last Modified: 29 Sep 2021 22:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15021

Actions (login required)

View Item View Item