Fitria, Nurma Zakiyyatu (2021) Peranan orang tua untuk memotivasi belajar anak di desa keling ngasem. Sarjana thesis, UMK.
Text (Hal Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (433kB) |
|
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Accepted Version Download (211kB) |
|
Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (253kB) |
|
Text (Lampiran)
08.LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar anak usia Sekolah Dasar di Desa Keling dan metode peranan orang tua yang diterapkan orang tua terhadap motivasi belajar anak usia Sekolah Dasar di Desa Keling Ngasem RT 1 / RW 7. Penelitian ini membahas tentang peran orang tua dan implikasinya terhadap motivasi belajar anak. Pendidikan pertama yang ditemui anak adalah pendidikan yang berasal dari orang tua. Peranan orang tua sangat dibutuhkan anak dalam segala bidang khususnya pada bidang pendidikan. Peran orang tua dalam bidang pendidikan salah satunya adalah dalam pemberian motivasi belajar kepada anak. Motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam atau luar anak untuk tetap belajar sehingga anak dapat mencapai hasil yang maksimal. Peran orang tua yang aktif akan berdampak pada motivasi belajar anak yang tinggi sehingga hasil yang diinginkan dapat tercapai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Keling Kecamatan Keling Kabupaten Jepara, dengan jumlah subjek 6 orang tua anak, dan 6 anak usia Sekolah Dasar sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan peranannya orang tua di desa Keling Ngasem berperan sebagai korektor, informator, motivator, organisator dan fasilitator. Fokus peranan orang tua dalam penelitian ini dalam hal pembentukan jam belajar anak, pendampingan belajar anak dan pemberian reward. Penerapan peran tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar anak. Menjadi lebih disiplin belajar dan waktu bermain dan belajar dapat teratur dengan baik. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua tetap memberikan peranan yang positif supaya anak tetap memiliki semangat belajar baik di rumah atau pun di sekolah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Drs. Masturi, MM Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Peran Orang Tua, Motivasi Belajar dan Anak Usia Sekolah Dasar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 22:27 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 22:27 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15023 |
Actions (login required)
View Item |